Apakah Arti Live Streaming

Apakah Arti Live Streaming

Apakah Arti Live Streaming?

Live streaming adalah suatu bentuk konten online yang saat ini paling populer dan terus berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini telah berlangsung lama, awalnya pada tahun 1990 an, berawal dari webcast khusus yang banyak ditonton oleh sedikit orang menjadi industri yang kini mempunyai nilai miliaran dolar.

Live streaming dapat dilakukan di mana saja, anda hanya perlu menyalakan kamera atau laptop anda dan mulai merekam di mana pun dan kapan pun anda mau. Live streaming memiliki sifat interaktif yang menjadikan audience dapat meninggalkan reaksi dan komentar selama streaming berlangsung.

Live streaming dan streaming merupakan hal yang berbeda. Streaming merupakan menonton sebuah siarang yang dapat ditonton beberapa kali. Live streaming dan streaming ini juga tidak sama dengan menonton siaran TV atau radio, karena streaming dan live streaming dapat diakses melalui aplikasi yang memiliki koneksi internet dan website.

Anda sudah mengetahui apakah arti live streaming. Mengapa Live Streaming menjadi sebuah keharusan di tahun 2021?

Diperkembangan zaman yang tidak ada habisnya ini selalu ada saja hal baru disetiap tahunnya. Membuat teknologi juga semakin bertambah canggih. Untuk mendapatkan hiburan orang-orang kini makin tertatik dengan live streaming. Di sisi lain selain menjadi hiburan, live streaming juga memiliki manfaat bagi pemasaran untuk konten bisnis anda. 92% pemasar yang menggunakan video mengatakan bahwa live streaming adalah bagian penting untuk strategi bisnis mereka. 80% konsumen lebih tertarik menonton video langsung daripada membaca postingan dari blog pribadi. Bila anda ingin menjadikan live streaming menjadi hobi baru dan sumber pendapatan untuk strategi bisnis anda, ada lebih dari cukup alasan untuk menggunakan live streaming di tahun 2021 ini.

Setelah kita mengetahui apakah arti live streaming sekarang kita akan mengetahui bagaimana persiapan live streaming?

Untuk melakukan live streaming agar hasil video sesuai dengan yang diharapkan makan diperlukan beberapa persiapan. Sebagai pemula dalam melakukan live streaming ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu : Kamera, Mikrofon, Perangkat Lunak dan Koneksi internet yang stabil. Perlu juga menambahkan aksesoris yang bisa meningkatkan kualitas live streaming tanpa perlu mengeluarkan banyak usaha.

  1. Kamera

Kamera merupakan perangkat penting yang harus ada jika ingin melakukan live streaming. Sangat disarankan untuk menggunakan kamera dengan kualitas yang baik agar menghasilkan gambar yang jernih. Tapi jika tidak ada kamera mulailah dengan webcam yang ada di laptop anda.

  1. Mikrofon

Jika perangkat penangkap suara pada laptop sudah baik, sebenarnya mikrofon tidak begitu dibutuhkan saat melakukan live streaming. Tetapi kita pasti menginginkan hasil yang baik untuk video live streaming. Salah satu mikrofon yang baik untuk melakukan live streaming adalah mikrofon Fokus Rite Scarlett 2i2.

  1. Perangkat Lunak

Fungsi utama dari perangkat luna saat melakukan live streaming adalah mengatur video live streaming, mengatur ukuran kamera, menginput presentasi dan lainnya. Selain itu kita juga bisa mengatur beberapa aspek kebutuhan video seperti mengatur backsound lagu atau bisa juga menambahkan meme agar live streaming lebih menarik lagi. Ada beberapa jenis perangkat lunak untuk streaming mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Berikut beberapa rekomenasi perangkat lunak untuk live streaming yaitu OBS Studio, XSplit, vMix, StreamLabs dan Restream Studio.

  1. Koneksi Internet yang Stabil

Koneksi internet yang stabil sangat dibutuhkan untuk mengunggah sekaligus video dan audio untuk dikirim dalam real time. Jika anda bermain game sambil melakukan live streaming maka anda memerlukan koneksi internet yang kuat dan stabil.

  1. Aksesoris

Aksesoris merupakan pilihan, anda bisa menggunakan alat tambahan untuk meningkatkan kualitas video streaming. Salah satunya lighting yang bisa menghasilkan cahaya untuk live streaming sehingga kualitas gambar di video juga akan baik. Menggunakan lighting maka objek yang ditangkap oleh kamera akan terlihat lebih jelas. Kabel hdmi juga diperlukan apabila melakukan live streaming tetapi posisi kamera yang jauh, disarankan untuk memakai kabel hdmi yang berkualitas baik agar video yang dihasilkan bagus juga.

Leave a Comment

Chat Kami Sekarang
Hai apakah ada yang bisa saya bantu ?