Alat Live Streaming

Alat Live Streaming

Alat Live Streaming

Tentu saat ini kita tidak asing lagi dengan istilah live streaming atau siaran langsung. Tidak heran lagi, live streaming adalah cara menyebarkan konten yang efektif saat ini. Bahkan ada riset Tech Jury yang menyebutkan bahwa industri streaming dunia pada tahun 2027 nanti diperkirakan akan meraih keuntungan hingga 184,27 miliar dolar AS. Walaupun peminatnya banyak, tetapi masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara memproduksi live streaming ini. Pengetahuan tentang apa saja peralatan yang akan digunakan sebelum melakukan live streaming. Nah di sini kami indotek selaku penyedia jasa live streaming akan memberitahu kepada anda alat live streaming apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan streaming.

Alat live streaming yang harus disiapkan sebelum melakukan streaming

  1. PC atau Laptop

Peralatan yang paling dasar untuk melakukan live streaming adalah laptop atau PC. Walaupun pc merupakan pilihan yang lebih sering digunakan untuk melakukan live streaming, tetapi laptop memastikan fleksibelitas yang anda perlukan nanti untuk live streaming di mana pun dan kapan pun. Walaupun anda tidak memerlukan rig kelas atas untuk menyiarkan streaming anda, tapi tidak ada salahnya memakai perangkat yang sudah mensupport beberapa port USB. Dan jangan lupa untuk memastikan peralatan yang anda gunakan minimnya mempunyai RAM 8GB dan dilengkapi dengan solid-state drive (SSD). Semua spek yang sudah disebutkan adalah yang anda butuhkan untuk melakukan live streaming untuk waktu yang tidak sebentar.

  1. Kamera

Peralatan penting yang akan selalu dibutuhkan untuk mengadakan live streaming yaitu kamera. Banyak sekali pilihan kamera yang bisa anda pakai untuk melakukan live streaming. Tetapi, apabila anda adalah seorang pemula dalam bidang ini kami sarankan untuk memulai dengan kamera entry-level. Kamera ini memiliki pencahayaan yang idela, kamera ini juga bisa memberikan anda kualitas video streaming yang cukup bagus. Selain itu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih karena harga kamera ini bisa dibilang tidak terlalu mahal. Di bawah ini akan diberikan daftar beberapa kamera entry-level terbaik yang bisa anda gunakan untuk live streaming.

  1. Audio

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vtreo, audiens lebih menyukai streaming video yang mempunyai kualitas audio yang baik. Apabila video streaming mengalami buffering, pengalaman yang akan dirasakan audiens tidak akan buruk selama video streaming memiliki kualitias audio yang tetap tinggi. Berdasarkan hasil penelitian itu, kita menjadi tau bahwa peralatan audio untuk streaming video sangatlah krusial. Jenis mic apa sih yang cocok anda gunakan untuk streaming? Daripada anda memakai mikrofon internal yang ada pada PC, lebih baik anda memnfaatkan mikrofon lavalier berkabel 3,5mm. tapi, apabila anda mau memaksilkan kualitas audio video streaming kami sarankan untuk menggunakan mikrofon XLR.

  1. Mixing

Peralatan selanjutnya yang musti anda siapkan untuk keperluan video streaming adalah mixing. Peralatan mixing ini memungkinkan untuk merekam lebih dari satu video atau sumber audio lalu beralih di antaranya selama melakukan live streaming. Sebenarnya penggunaan alat ini bersifat opsional. Tetapi jika anda melakukan live streaming dengan pengambilan gambar menggunakan teknik multikamera, mixing ini menjadi peralatan yang penting. Blackmagic Design ATEM Television Studio Pro 4K Live Production Switcher adalah salah satu contoh alat mixing yang professional. Alat ini dapat menghubungkan sampai 4 kamera HDMI dan juga kamera SDI. Alat ini juga mempunyai kamera 8 SDI yang bisa anda manfaatkan.

  1. Encoder

Nah alat terakhir yang anda butuhkan untuk live streaming yaitu sebuah encoder. Alat yang satu ini dipakai untuk mengkompres dokumen video jadi tidak disimpan sebagai gambar individual, tapi disimpan sebagai satu bentuk file khusus video. Walaupun encoder umumnya dipakai oleh tim konten marketing di perusahaan-perusahaan besar, tetapi alat ini dapat membuat video streaming anda lebih berkualitas. Ada 2 macam encoder yang dapat anda gunakan, yaitu hardware dan software encoder. Tetapi sebagai pemula, kami sarankan anda memakai software encoder. Mengapa? Karena software encoder ini mudah untuk digunakan. Yang anda butuhkan hanya menggabungkan encodernya bersama capture card supaya bisa merekam video. Berikut kami sarankan beberapa software encoder terbaik, yaitu vMix, OBS Studio, Wirecast

Itulah alat live streaming yang wajib anda miliki untuk membuat video live streaming.

Pastikan anda menyiapkan alat live streaming dengan sebaik mungkin sebelum memulai video live streaming agar video yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Leave a Comment

Chat Kami Sekarang
Hai apakah ada yang bisa saya bantu ?