Dampak Live Streaming

Dampak Live Streaming

Dampak Live Streaming

Dampak Live Streaming pada Beberapa Bidang

Popularitas konten video beberapa tahun terakhir ini sangat berkembang pesat. Alasan utama dibalik itu adalah pesatnya perkembangan teknologi video. Faktanya, kemajuan di bidang itu membuat video begitu populer sehingga penelitian Cisco memperkirakan bahwa 80% dari selutuh lalu lintas internet akan terdiri dari video pada tahun 2021. Tetapi, dari semua jenis konten video, satu yang mempunyai dampak paling besar, yaitu video live streaming.

Saat ini 63 persen populasi di dunia yang berusia 18-34 tahun menikmati konten live streaming setiap harinya. Hal itu membuat live streaming menjadi salah satu jenis konten online paling populer. Dan para ahli dari seluruh penjuru dunia menyadari akan hal itu. Karena popularitas live streaming yang begitu besar, para professional memperkirakan bahwa pasar live streaming ini akan bernilai sekitar $70 miliar pada tahun 2021.

Dampak Live Streaming pada Industri Global

Semakin populernya aliran video telah meninggalkan jejak dibanyak industri besar di seluruh dnia, mulai dari media hingga pendidikan. Mari kita lihat bagaimana hal itu mempengaruhi masing-masing secara terperinci :

  1. Media

Munculnya konten video dan live streaming secara bertahap menyebabkan transisi bentuk media tradisional ke dunia online. Dari surat kabar, papan reklame, pamphlet, spanduk, blog, dan iklan video, media digital ini dengan cepat melampaui rekan tradisionalnya. Dan karena media digital menjadi sangat populer, saat live streaming mulai mendapatkan daya Tarik. Tidak butuh waktu lama untuk live streaming menjadi pokok dari sebagiaan besar situs web berita. Saat ini dibanding menunggu waktu siaran pukul 6, anda bisa merekam berita langsung kapan saja dan di mana saja. Dan bila anda menggabungkan konten langsung yang mudah diakses dengan jangkauan platform media social yang luar biasa, anda mendapatkan kombo yang baik. Upaya bersama antara industri berita dan live streaming telah mendorong arus informasi global secara signifikan.

  1. Hiburan

Dengan munculnya live streaming ini industri dunia hiburan juga mengalami perubahan yang besar. Yakni popularitas TV tradisional mulai menurun dengan maraknya layanan OTT seperti Roku, Hulu, Netflix, Disney+ dan lain-lainnya. Layanan ini menawarkan pengguna kemampuan untuk menonton konten sesuai permintaan, membuat mereka lebih unggul dibanding dengan stasiun tv tradisional. Yang membuat layanan ini begitu menarik adalah anda bisa mengkonsumsi konten video kapan saja yang mana tv tradisional tidak menawarkan hal tersebut.

  1. Pendidikan

Jangan meremehkan dampak dari live streaming ini pada dunia pendidikan. Teknologi ini sudah membuka begitu banyak kesempatan belajar di seluruh dunia. Saat ini anda tidak perlu lagi mengunjungi sekolah untuk belajar, anda bisa melakukannya dari rumah anda. Selama masa pandemi covid-19 ini masih berlangsung, live streaming memungkinkan sekolah dan unoversitas untuk terus bekerja selama masa lockdown. Teknologi ini sudah terbukti sangat sukses hingga banyak yang mempertimbangkan untuk menjadikan pembelajaran jarak jauh sebagai pilihan permanen, bahkan pasca covid-19.

  1. Bisnis

Dampak Live Streaming dalam Bidang Bisnis

Teknologi live streaming membawa banyak peluang dan peningkatan kualitas hidup ke ranah bisnis, contohnya dari yang paling menonjol yaitu pengenalan konferensi langsung online. Berkat adanya teknologi live streaming ini perusahaan bisa mengadakan pertemuan dan konferensi dengan orang-orang dari seluruh dunia hanya dengan mengklik sebuah tombol. Selain itu, mereka juga bisa berkomunikasi lebih efektif di tempat kerja dengan menggunakan panggilan video langsung. Contoh lainnya dari adanya live streaming untuk acara perusahaan anda, hal itu akan memungkinkan anda untuk menampilkan brand anda di depan lebih banyak mata dan hal itu akan membantu anda membangun kredibilitas. Dampak streaming langsung pada dunia bisnis jauh lebih signifikan, yakni menambah banyak peluang yang terbuka bagi bisnis anda.

 

Leave a Comment

Chat Kami Sekarang
Hai apakah ada yang bisa saya bantu ?