Streaming dan Live Streaming

Streaming dan Live Streaming

Streaming dan Live Streaming

Saat ini aktivitas streaming sangat sering dilakukan karena lebih praktis. Selain download atau unduh, streaming menjadi salah satu pilihan yang dapat dipilih pengguna. Tetapi masih banyak yang bingung dengan perbedaan streaming dan juga live streaming. Beberapa dari kita mingkin telah mengetahui dan mengerti dengan apa yang dimaksud dengan streamijg. Saat ini streaming sangat sering kita lakukan karena kini telah banyak layanan yang menyediakan fitur streaming, misalnya saja facebook. Bila anda suka menonton video di facebook itu sering disebut jugan dengan streaming. Selain facebook, adalagi beberapa layanan yang menyediakan fitur streaming seperti Instagram, tiktok, WhatsApp, Twitter. Bila kamu menonton video tanpa perlu mendownloadnya lebih dulu, maka itu dapat dikatakan anda sudah melakukan kegiatan berupa streaming. Tidak penting video mempunyai durasi yang lama atau juga durasi yang pendek.

Terlepas dari streaming, ada juga live streaming. Live streaming dan streaming ini bisa dibilang hampir sama, namun ada beberapa perbedaan yang membuat streaming dan juga live streaming tidak dapat disamakan. Nah selain streaming yang sudah dibahas, selanjutnya adalah pembahasan tentang live streaming. Dukungan untuk melakukan live streaming memang sangat jarang ditemui. Namun untuk saat ini hampir semua social media sudah mendukung layanan live streaming dan penggunanya bisa memakai fitur layanan tersebut dengan mudah. Beberapa media social yang sering digunakan untuk melakukan live streaming adalah Instagram, Facebook dan Tiktok. Tidak perlu panjang lebar, mari langsung kita bahas apa itu streaming dan juga live streaming.

Perbedaan Streaming dan Live Streaming

Pengertian Streaming

Apakah sebenarnya pengertian streaming? Streaming merupakan kegiatan menikmati video dan suara secara daring (online) tanpa perlu mengunduh atau menyimpan terlebih dahulu. Bila menikmati suara secara daring disebut streaming musik dan bila menikmati video secara daring disebut dengan streaming video. Streaming dapat dilakukan bila musik / video ada di internet. Mudahnya streaming dapat dipakai bila anda tidak mau memutar musik atau memutar video secara terus menerus. Karena walaupun streaming tersebut sebelumnya pernah diputar tetap akan diputar ulang setiap bagiannya.

Sebagai contoh misalnya anda ingin menonton sebuah video difacebook yang mempunyai size 10 MB. Bila anda ingin menonton video tersebut secara streaming maka kuota yang dibutuhkan kurang lebih adalah sama yaitu 10 MB. Tetapi bila anda ingin mengunduh video terlebih dahulu maka kuota yang dibutuhkan adalah sama yaitu 10 MB. Nah apabila anda mau menonton video itu selama 3 kali, bila anda menontonnya secara streaming maka kuota yang anda butuhkan yaitu minimal 30 MB. Sedangkan bila anda mengunduh lebih dulu videonya, anda hanya perlu menghabiskan kuota sekitar 10 MB dan dapat menonton videonya berulang-ulang tanpa kuota dan koneksi internet.

Pengertian Live Streaming

Live streaming merupakan sebuah kegiatan yang disiarkan secara langsung  yang biasanya berupa konten video ke internet. Berbeda halnya dengan streaming yang mana mempunyai pengertian menonton video diinternet secara langsung. Jadi anda tidak perlu lagi melakukan perekaman lalu diunggah ke internet seperti saat anda mau membagikan sebuah video ke internet. Audio dan video yang disiarkan itu secara langsung dan tanpa jeda juga tanpa proses editing sama sekali. Live streaming ini dapat dikatakan sama halnya seperti dengan acara Live yang ada di TV. Bedanya pengguna dapat melakukannya secara mandiri melalui aplikasi atau media social yang didukung dengan fitur live streaming.

Pengguna diharapkan mempersiapkan hal-hal dan barang-barang yang dibutuhkan sebelum melakukan proses live streaming karena video ini disiarkan secara langsung dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti misalnya asisten, alat-alat pendukung atau juga media lainnya yang dirasa halnya cukup sensitive dapat disimpan agar tidak tampil saat sedang melakukan live streaming.

Kesimpulan dari pengertian streaming dan live streaming

Seperti yang sudah dijelaskan adalah streaming merupakan menonton video dan audio diinternet secara langsung, sedangkan live streaming adalah membagikan video dan audio secara langsung ke internet.

Leave a Comment

Chat Kami Sekarang
Hai apakah ada yang bisa saya bantu ?