Manfaat Proses Registrasi

manfaat proses registrasi 3

Barcode & Manfaat Proses Registrasi

Manfaat proses registrasi, barcoding adalah metode identifikasi yang digunakan oleh berbagai perusahaan untuk melacak, mengidentifikasi, dan mengelola item. Anda mungkin melihat barcode setiap hari di tempat umum seperti kemasan toko kelontong, buku perpustakaan, dan label pengiriman. Namun, barcode juga memainkan peran penting dalam manufaktur, distribusi, dan produksi. Dari melacak aset dan peralatan di fasilitas hingga mengelola bahan mentah dalam inventaris, barcode dapat menambah banyak efisiensi dan akurasi pada produk dan layanan modern.

manfaat proses registrasi 1

Cara Kerja Barcoding & Manfaat Proses Registrasi

Barcode biasanya satu set garis vertikal sempit dan tebal yang dicetak dalam pola tertentu dalam bentuk persegi panjang. Serangkaian angka atau huruf dan angka muncul di bawah barcode itu sendiri. Kode-kode ini satu dimensi, dan pola ruang hitam putih mengkodekan informasi ke dalam bentuk fisik. Meskipun sebagian besar kode yang Anda lihat setiap hari adalah kode satu dimensi, kode dua dimensi semakin populer. Yang paling umum adalah kode QR yang dapat dipindai oleh ponsel cerdas Anda dari tanda, pamflet, surat, atau produk. Semua tanda di barcode mewakili satu set informasi khusus untuk item, material, atau aset. Semakin detail kode fisik, semakin banyak informasi yang dapat disimpannya. Label barcode atau label barcode tahan lama dapat ditempelkan pada barang atau peralatan untuk sementara atau permanen. Manfaat proses registrasi, nda memerlukan pembaca barcode untuk memindai kode. Pembaca ini menggunakan laser untuk mengirimkan informasi dari barcode melalui pembaca ke sistem CMMS terpusat. Sistem kemudian memanipulasi data dan dapat membuat dan menyimpan laporan untuk membantu membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Apa Jenis dan Standar Barcode yang Berbeda?

Jenis barcode dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok utama: numerik, alfanumerik, dan dua dimensi. Dua jenis pertama dianggap satu dimensi dan hanya mencakup angka atau kombinasi huruf dan angka serta batang dengan lebar yang bervariasi. Jenis terakhir paling sering dilihat sebagai kode QR: bentuk persegi atau persegi panjang yang menunjukkan kombinasi garis pendek dan titik. Manfaat proses registrasi.

Ada lebih dari 100 simbologi yang berbeda untuk barcode.

numerik

contoh barcode numerik

Sekitar selusin simbologi ada dalam kategori barcode numerik saja. Yang paling populer adalah kode UPC, yang biasa ditemukan di banyak barang eceran dan berisi informasi seperti produsen dan identitas produk. Kode EAN biasanya digunakan di tempat penjualan. Manfaat proses registrasi, barcode industri, interleaved, standar, dan Kode 11 lebih populer dalam bisnis dan industri. Mereka sering digunakan dalam pemindaian maskapai penerbangan, aplikasi gudang, telekomunikasi, dan pengaturan industri. POSTNET adalah sistem numerik yang digunakan oleh Layanan Pos Amerika Serikat, dan Codabar digunakan oleh FedEx dan bank darah.

Alfa-Numerik

contoh barcode alfanumerik

Lebih sedikit kode alfanumerik yang ada, dengan yang utama dikenal sebagai kode Plessey, yang digunakan untuk pelabelan rak toko kelontong dan pengkodean perpustakaan. Simbologi lainnya dalam kategori ini semuanya berasal dari Kode 39, yang merupakan kode alfanumerik pertama yang dibuat untuk digunakan dalam industri non-ritel. LOGMARS, Kode 93, dan Kode 128 semuanya digunakan dalam industri pertahanan dan otomotif.

Dua Dimensi

contoh barcode dua dimensi

Kategori terakhir dari barcode ini menjadi populer dengan meningkatnya penggunaan smartphone. Barcode 2D ini memungkinkan pencipta untuk mengkodekan lebih dari 7.000 karakter dalam satu barcode. Ketika pembaca 2D di ponsel melihat barcode, itu dapat mengirimkan data terenkripsi yang aman dengan mudah ke pengguna. Kode dua dimensi yang paling populer adalah kode QR, yang digunakan pada hampir semua hal saat ini. Kode dua dimensi lainnya termasuk kode matriks data yang digunakan dalam elektronik dan logistik, kode PDF417 yang digunakan dalam manajemen transportasi dan inventaris, dan Aztec yang digunakan dalam industri perjalanan.

Cara Memilih Pemindai Barcode

Pilih pemindai barcode dengan memikirkan untuk apa Anda akan menggunakannya, seberapa sering Anda akan membutuhkannya, dan jenis teknologi apa yang harus diintegrasikan dengannya. Teknologi pemindaian barcode telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, menghasilkan sejumlah besar opsi untuk dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilah-milahnya.

Memilih Mesin Pemindai

Pertimbangan pertama dalam memilih scanner adalah jenis mesin scan yang Anda inginkan. Mesin pemindai laser hanya dapat membaca barcode satu dimensi dari jarak dekat, kecuali jika Anda berinvestasi dalam model jarak jauh. Sementara mesin pemindai laser menggunakan cahaya untuk membaca barcode, mesin pemindai gambar linier sebenarnya menangkap gambar barcode. Mesin ini kemudian dapat membaca informasi pada barcode satu dimensi dari gambar.

Memilih Formulir

Pikirkan tentang seberapa sering dan di mana Anda akan menggunakan pemindai untuk memilih formulir yang tepat. Bentuk yang paling umum adalah gaya pistol genggam, yang tersedia sebagai model tanpa kabel atau dengan dudukan. Pemindai presentasi dan in-counter tidak bergerak dan bergantung pada pengguna untuk memindahkan item dengan barcode di depannya untuk dipindai. Jenis ini mirip dengan yang ditemukan di toko kelontong atau toko pakaian.

Operasi Lebih Cepat dan Lebih Cerdas

Barcode meningkatkan kecepatan pengumpulan informasi item, meningkatkan akurasi data, dan dapat diadopsi dengan mudah dan efektif.

 

Chat Kami Sekarang
Hai apakah ada yang bisa saya bantu ?