Bagaimana Memanfaatkan Fitur Smart TV dengan Maksimal

Dengan munculnya teknologi Smart TV, TV telah mengalami perubahan pesat menjadi pusat hiburan yang serbaguna. Banyaknya fitur canggih pada smart TV menjadikan pengguna bisa mengakses konten secara online, berinteraksi dengan aplikasi, dan mengontol perangkat di rumah. Memang pada zaman ini TV adalah perangkat yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Cara kerja Smart TV memakai sistem operasi khusus yang bisa membuat pengguna mengakses aplikasi dan internet. Beberapa sistem operasi yang biasa dipakai oleh Smart TV yaitu webOS (LG), Android TV (Google), Roku OS, dan Tizen (Samsung). Beberapa cara memanfaatkan fitur yang ada pada Smart TV adalah sebagai berikut :

  1. Memahami Fitur Smart TV

Sebelum menggunakan fitur Smart TV penting juga mengerti tentang apa yang ditawarkan TV tersebut. Smart TV dilengkapi sistem operasi bagi penggunanya agar bisa mengakses internet dan memasang aplikasi. Hal ini mirip dengan cara kerja di komputer tablet atau smartphone. Di bawah ini beberapa fitur yang ada pada smart TV :

  • Internet yang bisa digunakan untuk streaming online
  • Mampu menginstal dan menjalankan aplikasi seperti Disney+, Youtube, Netflix dan lainnya.
  • Tersambung dengan layanan musik streaming.
  • Koneksi ke perangkat lewat Wi-Fi dan Blueatooth, seperti misalnya, tablet, speaker dan ponsel pintar.
  • Memilih Layanan Streaming

Dari banyaknya keunggulan Smart TV salah satunya adalah bisa untuk streaming konten secara online melalui internet. Saat ini banyak sekali layanan streaming seperti Hulu, Amazon, Prime Vide, Netflix, Disney+ dan masih banyak lagi. Pilihlah konten yang sesuai dengan selera. Ada beberapa layanan streaming yang menyediakan konten ekslusif yang tidak ada di tempat streaming lain, ada juga yang mempunyai koleksi film dan acara TV yang banyak dan luas.

  • Mengeksplorasi Aplikasi TV

Selain menyediakan layanan streaming online, Smart TV juga menyediakan layanan untuk mengakses berbagai macam aplikasi TV. Contohnya adalah aplikasi olahraga, acara TV langsung, menonton berita dan lain-lainnya. Pilih aplikasi sesuai dengan minat dan kebutuhan. Misalnya penggemar olahraga bisa memasang aplikasi menonton siaran live pertandingan favorit dan mendapatkan pembaruan skor secara langsung.

  • Menghubungkan dengan Perangkat Lain

Selanjutnya adalah Smart TV bisa terhubung langsung dengan perangkat lain di rumah, seperti tablet, Iot atau Internet of Things dan handphone. Selain itu bisa juga menghubungkan perangkat audio tanpa kabel seperti speaker Bluetooth.

  • Memanfaatkan Kontrol Suara

Kini Smart TV banyak dilengkapi dengan fitur control suara di mana hal tersebut bisa mengendalikan TV lewat perintah suara.hal ini membuat navigasi menjadi lebih nyaman dan pastinya lebih mudah, terlebih lagi saat mengatur pengaturan dan mencari konten. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur control suara pada Smart TV anda.

  • Memperbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Untuk menjaga fitur TV berfungsi dengan baik dan mendapat kegunaan dari fitur terbaru maka harus rutin memperbarui aplikasi dan sistem operasi yang sudah diinstal. Pembaruan menghadirkan peningkatan kerja, fitur baru, dan juga peningkatan kinerja. Untuk memeriksa adanya pembaruan aplikasi dan sistem lewat toko aplikasi atau pengaturan smart TV.

Dengan memanfaatkan fitur Smart TV dengan baik bisa menciptakan pengalaman menonton yang lebih nyaman, unik dan seru. Dengan memahami dengan baik fitur yang ada pada Smart TV akan membuat pengalaman menonton menjadi lebih memuaskan.

Leave a Comment