Cara Menyambungkan Printer ke Jaringan Wi-Fi

Perkembangan teknologi semakin mengalami kemajuan yang pesat, membuat perangkat elektronik juga ikut mengalami perkembangan. Salah satu perangkat elektronik yang umum ditermui baik di rumah atau pun di kantor adalah printer. Kini tersedia printer yang bisa terhubung langsung dengan jaringan Wi-Fi, menjadikan printer yang dibekali dengan teknologi ini menjadi pilihan karena lebih praktis.

Persiapan Awal

Sebelum menyambungkan printer ke jaringan Wi-Fi, maka jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal, yaitu :

  • Jaringan yang Stabil

Pastikan jaringan Wi-Fi mempunyai koneksi yang kuat dan stabil. Hal ini akan membantu memastikan printer bisa terhubung dengan lancar dan bisa digunakan dari perangkat lain di jaringan.

  • Informasi Jaringan Wi-Fi

Pastikan untuk tau nama jaringan Wi-Fi dan kata sandi untuk bisa menghubungkan printer ke jaringan.

  • Manual Pengguna

Periksa secara berkala manual pengguna printer. Tiap-tiap jenis printer mempunyai Langkah yang agak berbeda pada proses penyambungan ke Wi-Fi.

Langkah Menyambungkan Printer ke Jaringan Wi-Fi

  • Aktifkan Printer & Buka Menu Pengaturan

Pertama-tama nyalakan printer dan pastikan printer dalam keadaan siap. Lalu buka menu pengaturan pada printer. Pada tiap model dan merek printer mempunyai cara berbeda untuk membuka menu ini.

  • Cari Pilihan Wireless Connection

Pada menu pengaturan printer cari pilihan yang menjelaskan mengenai jaringan Wi-Fi. Sering kali pilihan ini bisa ditemukan pada pengaturan jaringan.

  • Pilih Jaringan Wi-Fi

Printer akan menampilkan beberapa jaringan Wi-Fi yang ada di sekitarnya. Pilih jaringan Wi-Fi yang akan dihubungkan pada printer lalu masukkan kata sandi Wi-Fi tersebut.

  • Tunggu Proses Penyambungan

Jika sudah memaasukkan kata sandi Wi-Fi, selanjutnya printer akan menyambungkan ke jaringan tersebut. Tunggulah beberapa saat sampai proses penyambungan selesai.

  • Uji Koneksi

Setelah printer sudah terkoneksi dengan Wi-Fi, selanjutnya lakukan percobaan mencetak halaman dari printer. Pastikan kalau printer bisa mencetak dengan baik.

Manfaat Menyambungkan Printer ke Jaringan Wi-Fi

  • Akses Lebih Mudah

Dengan menggunakan printer yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi akan membuat proses cetak dari berbagai perangkat yang terkoneksi dengan jaringan seperti hp, tablet dan laptop tanpa perlu tambahan kabel lagi.

  • Fleksibel

Karena fleksibel, tidak perlu lagi khawatir dalam menempatkan lokasi printer. Karena sudah tidak perlu lagi memikirkan keterbatasan ruang dan panjang kabel.

  • Berbagi Printer

Bila berada pada lingkungan kerja yang berbagi, maka penggunaan printer yang terhubung ke jaringan Wi-Fi bisa juga untuk berbagi printer dengan pengguna lain di jaringan.

Tips Tambahan

  • Perbarui Software Printer

Patikan untuk selalu memperbarui driver printer ke versi yang terbaru. Dengan melakukan pembaruan secara berkala akan mengoptimalkan printer dengan jaringan Wi-FI.

  • Amankan Jaringan Wi-Fi

Pastikan koneksi WiFi aman dengan mamakai password yang kuat. Hal ini akan mencegah akses illegal ke printer yang digunakan.

  • Tes Koneksi

Lakukan tes koneksi pada printer secara rutin untuk memastikan printer masih terhubung dengan Wi-Fi dan bisa mencetak tanpa masalah.

Menyambungkan printer ke koneksi Wi-Fi bisa memberikan berbagai manfaat, seperti akses yang lebih mudah, bisa berbagi printer dengan pengguna lain dan fleksibel. Bila mengikuti Langkah-langkah yang sudah diberikan di atas dengan baik dan melakukan persiapan dengan benar, maka proses menyambungkan printer ke jaringan Wi-Fi kantor atau rumah akan menjadi lebih mudah dari yang dibayangkan. Jangan lupa periksa juga buku panduan pengguna printer dan lakukan tes koneksi secara rutin agar printer selalu terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Leave a Comment