Pengertian Jasa

Kembali lagi dengan saya, dengan topik pembicaraan kali ini merupakan sebuah jasa. Dunia yang semakin bermacam permintaan dan beragam keunikan serta invosi yang diminta oleh seorang client. Dalam kehidupan sehari hari banyak sekali pekerjaan yang sederhana hingga pekerjaan yang sukar sering kita temui dalam kehidupan sehari hari. Tidak lepas dari keunikan pekerjaan terdapat kerjaan yang sifatnya looping atau berulang ulang setiap hari, belum lagi perkerjaan lainnya yang harus kita kerjakan serta pekerjaan mendadak lainnya. Maka kita tidak lepas membutuhkan bantuan atau seorang yang menyediakan tenaga atau layanan nya untuk menggatikan kita saat kita tidak sanggup dengan pertukaran yang setara.

Bagi beberapa orang jasa merupakan kata tidak asing, namun untuk lebih memahami nya mungkin saya akan menjelaskan apa itu jasa.

Dalam bidang ilmu ekonomi, sebuah jasa atau sebuah layanan bisa disebut dengan aktivitas yang menyebabkan ekonomi yang melibatkan beberapa kejadian serta aktivitas antara konsumen dan penyedia layanan. Banyak sekali ahli dibidangnya memaknai jasa seperti berikut :

    • Philip Kolter
    Sebuah jasa atau layanan merupakan sebuah tindakan atau untuk kerja sama yang di tawarkan oleh salah satu pihak kepada pihak lainnya yang secara prinsip intangible dan tidak menyebabkan terjadinya perpindahan sebuah hak milik. Kegiatannya bisa terkait suatu produk maupun tidak.

    • Adrian Payne
    Sebuah jasa atau layanan yang mempunyai aktifitas ekonomi yang memiliki sejumlah elemen yang bernilai dan bermanfaat intangible yang berkaitan, dengan adanya interaksi antara pemakai atau konsumen dengan orang yang memiliki sebuah barang, namun tidak sampai melakukan tindakan pemindahan suatu hak milik dari barang tersebut. Perubahan kondisi biasa terjadi dalam kegiatan bisa saja muncul dan seorang memiliki maupun tidak sebuah barang yang berkaitan dalam bentuk fisik.

    • Cristian Gronross
    Sebuah jasa atau layanan merupakan proses yang terdiri atas beberapa rangkaian yang beraktifitas intangible yang biasanya atau terkadang pada interaksi antara pelanggan atau client dan karyawan penyedia layanan atau sumber daya fisik maupun barang dan ataupun sebuah system penyedia layanan.

Interaksi bisa saja terjadi antara penyedia jasa atau layanan langsung kepada pelanggan sering terjadi dalam kegiatan jasa, sekalipun orang orang yang terlibat di dalamnya tidak menyadari akan hal tersebut. Selain itu, aka nada kemungkinan dimana situasi di mana seorang pelanggan atau konsumen ini sebagai individu tidak berinteraksi langsung kepada perusahan penyedia layanan langsung. Sebuah kegiatan pelayanan merupakan kegiatan yang sudah dilakukan manusia dari jaman dahulu kala. Bisa juga sebuah kegiatan jasa atau layanan merupakan aktifitas seperti budaya atau kegiatan yang sudah turun temurun dilakukan sejak dahulu kali. Sulit untuk menentukan kapan terjadinya sebuah layanan itu secara resmi dilakukan. Sejak jaman dahulu semua orang yang terdiri dari dua atau lebih saat melakuka usaha bisa saja terjadi sebuah layanan tanpa mereka sadari.

Kegiatan jasa atau layanan ini sudah menjamur di kalangan masyarakat umum di jaman modern ini. Kegiatan jasa merupakan pemandangan sehari hari yang dapat kita temui di dalam kehidupan sehari hari setiap orang. Kita ambil contoh saja jika anda bekerja di sebuh perusahaan, toko, atau lainnya. Disana sudah dipastikan terjadi sebuah kegiatan jasa secara tidak langsung. Seorang konsumen yang membutuhkan seseorang untuk menangani beberapa bagian pekerjaannya dan di janjikan upah sebagai balasan dengan apa yang di kerjaan. Besarnya upah tergantung apa yang kamu kerjaan sesuai dengan tingkat kesulitan dan lama perkejaan serta tidak lepas dari perjanjian kerja.

Mari kita spesifikasikan sebuah tingkatan kegiatan jasa berdasarkan sifatnya terlebih dahulu. Banyak yang bisa saya sampaikan dari kegiatan jasa, tapi saya ragu untuk bisa menyelesaikan hanya menggunakan sebuah artikel. Mungkin secepatnya saya akan membuat penjelasan lainnya yang lebih terinci lagi. Jadi, untuk saat ini kita akan membahas sebuah layanan menurut sifat dari jasa itu sendiri.

    • Jasa yang tidak memiliki bentuk dan wujud

    Sebuah jasa yang melibatkan sebuah teknik dan pengalaman seseorang dalam melakukan pekerjaan yang menghasilkan kontrak kerja sama antara konsumen dengan penyedia layanan. Sebagai contoh nya bisa kita bilang kegiatan jasa ini dimana merupakan ajang seseorang untuk menunjukkan bakat atau usaha nya yang telah dilatih sejak lama untuk menghasilkan uang. Contoh jasa design, jasa tukang bangunan, jasa memasak dan masih banyak lainnya.

    • Jasa yang memilliki bentuk dan wujud

    Mari kita bahas sebuah usaha menggunakan sesuatu yang memiliki bentuk dan wujud. Yup, sebuah jasa yang melibatkan sebuah benda yang dapat digunakan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya. Banyak sekali jenis barang yang memiliki sebuah bentuk dan wujud ini mulai dari ukuran kecil hingga besar dan tentu saja untuk setiap harga semua akan berbeda sesuai kesepakatan dari sang konsumen atau yang membutuhkan sebuah layanan kepada yang memiliki barang untuk dipinjamkan. Mari kita bahas sedikit tentang beberapa layanan barang yang secara umum digunakan dimasyarakat dan jenisnya :

1. Jasa Peralatan PC atau Laptop

jasa PC atau laptop

PC atau Personal Computer merupakan sebuah hardware yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan multimedia, hardware sendiri memiliki arti sebagai bagian perangkat computer yang memilki bentuk. Sebuah komponen perangkat keras yang membangun sebuah buah mesin computer atau laptop yang berguna untuk melakukan pekerjaan multitask kegiatan multimedia terdiri dari beberapa bagian utama :

  • Main Board atau Mother Board
  • CPU ( Central Processing Unit )
  • VGA ( Video Grapich Array )
  • RAM ( Random Access Memory )
  • Buses atau Port
  • ROM ( Read Only Memory )
  • Power Supply
  • Harddisk atau penyimpanan; dan masih banyak lagi lainnya.

2. Sistem Sound

jas sound

Sebuah kegiatan sewa atau penyewaan sebuah barang untuk menunjang kegiatan yang berkaitan dengan atau sesuatu yang menggunakan suara, dan di keraskan untuk membantu agar orang lainnya atau audience dapat mendengarkan secara langsung dan jelas walaupun kita sedang berada di tempat yang ramai. Biasa acara tersebut seperti :

  • konser music
  • acara weeding
  • meeting
  • dan acara acara lainnya yang mengundang orang banyak di satu ruangan atau tempat terbuka.

3. Tenda / tratak dan dekorasi

Sebuah kegiatan sewa menyewakan sebuah tratak yang berfunsi sebagai tempat berteduh dan berlindung dari panas matahari saat kegiatan dilangsungkan walaupun acara itu di luar ruangan, bisa juga tratak di gunakana di dalam ruangan. Dengan dekorasi yang indah membuat kesan yang mewah kepada para tamu undangan yang datang.

4. Kendaraan

jasa kendaraan

Penyewaan atau jasa sewa sebuah kendaraan secara sementara ini sering terjadi untuk kegiatan pesta pernikahan, kegiatan traveling dan lain sebagainya. Karena kebutuhan jalan dan keadaan lokasi terdapat berbagai macam kendaraan yang di sewakan sesuai kondisi jalan yang akan di tempuh.

Menarik bukan, nantinya saya akan membuat lebih banyak artikel untuk merincikan pembasan tentang jasa atau sebuah layanan ini. Mungkin juga artikel ini dapat menjadi referensi untuk anda melakukan sebuah usaha yang nantinya berguna bagi anda nantinya.