Dunia Virtual & Kegunaan di Dunia Industri

Banyak kalangan yang masih belum menganal apa itu dunia virtual. Padahal jaman sekarang ini sudah banyak dari kita sudah menemui atau tidak sengaja melihat sebuah dunia virtual tersebut dalam kehidupan kita sehari hari, namun karena kita tidak terlalu memperdulikannya makannya kita tidak tau bahwa itu sebuah dunia virtual.

Melihat perkembangan jaman serta tehnologi yang kian semakin maju saat ini, inovaasi inovasi terbaru dari banyak aspek dan berbagai macam penemuan termasuk di dalam bidang tehnologi itu sendiri. Banyak orang yang berlomba lomba menciptakan dan membuat sebuah dunia virtual lalu mempublikasikan penemuan mereka untuk di perkenlkan kepada masyarakat luas. Dengan bermacam console atau alat alat khusus yang di ciptakan untuk kita dapat menikmati keindahan dan keunikan dunia virtual.

Sejarah virtual

Kita mundur kebelakang dulu untuk melihat sejarah dunia virtual ini dibentuk. Berawal pada 1950 Morton Heilig yang menulis tentang sebuah teather yang membuat para audience atau penonton dapat merasakan sebuah acara yang dapat meliputi semua indra mereka seakan ikut serta atau masuk sebagai bagian dalam acara yang dia lihat. Jadi audience akan merasakan sensasi menjadi bagian dalam cerita, melihat secara lebih dekat, mendengar secara jelas seperti sungguhan dan merasakan setiap sensasi dalam acara yang ia lihat saat itu juga secara langsung. Setelah tahun 1962, terciptalah sebuah mesin yang bernama Sensorama. Walaupun masih dalam bentuk prototype atau uji coba. Alat tersebut sukses membuat para penonton merakan sensasi secara realistis seakan dibawa langsung dan menjadi bagian dalam cerita. Dengan terciptanya prototype ini, Sensorama membuat sang Morton Heilig merasa puas. Banyak kabar yang mengatakan bahwa prototype ini masih berfungsi dengan bantuan alat digital.

Dunia virtual sendiri adalah dunia buatan yang sengaja dibuat seseorang untuk diri sendiri atau sesorang yang menginginkan membuat suatu dunia. Tentu saja dunia ini terpisah dengan dunia nyata, karena dunia vitual itu tidak ada di dunia ini. Dunia virtual merupakan sebuah alogaritma computer dimana sebuah kode kode rumit yang disatukan membentuk dan menghasilkan sebuah dunia baru yang kita sebuat dunia virtual secara realistis menyerupai dunia nyata.

Dunia virtual dibuat sesuai dengan kebutuhan masing masing orang, banyak yang menggunakan sebagai promo biisnis, property, kegiatan astronomi, kesehatan, militer, otomotif, pendidikan dan industri hiburan.

Pada artikel ini kita akan membahas keuntungan dan kekurangan penggunaan dunia virtual reality dalam kegiatan bisnis promosi. Semua yang ada di dunia ini diciptakan saling melengkapi dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, jadi kita bahas agar nantinya kita bisa mengurangi kekurangan yang ada pada setiap yang akan kita kerjakan nantinya.

Keuntungan Dunia Virtual dalam kegiatan bisnis produk dan property

Dalam dunia bisnis sebuah perkembangan terus menerus terjadi dengan cepat, berbagai inovasi bermunculan hingga para pengusaha berlomba memamerkan produk produk terbaru mereka. Tehnologi Virtual Reality juga ambil alih dalam kemajuan tehnologi tersebut. Dengan menggunaakan tehnologi VR :

  • Kita dapat membuat sebuah acara meeting
  • Membuat dunia untuk membuat ruangan yang berikan orang orang yang akan bertemu satu sama lain, menggunakan karakter buatan yang dapat digunakan di dunia virtual tersebut. Tanpa harus memakan waktu tenaga, dunia yang dibuat ini akan membuat waktu dan tenaga setiap orang dapat dihemat. Kita dapat berinteraksi di dunia virtual dan bertatap muka dengan lainnya layak nya di dunia nyata.

  • Simulasi Perumahan, Bangunan, dan industry
  • Ketika anda memiliki sebuah proyek besar misal membangun sebuah perumahan. Dimana anda masih membuat rancangan prototype, anda dapat menggunakan dunia virtual sebagai media untuk memperkenalkan ide dan inovasi kepada para client. Membuat dunia dengan perhitungan secara akurat untuk menyesuaikan dengan kondisi perumahan dan sekitar dan membuat sebuah karakter yang nantinya dapat berkeliling secara bebas, berinteraksi langsung dengan semua yang ada di dalam dunia virtual. Melalui cara di atas juga bisa untuk promosi langsung kepada client. Saat anda sudah membuat sebuah perumahan anda bisa mempromosikan nya seperti di atas bagi orang orang yang berminat melihat kondisi rumah secara kasar untuk di bayangkan keadaan yang sebenarnya. Demi menghemat waktu dan dapat di lakukan untuk banyak orang sekaligus di suatu event cara ini adalah hal paling efisien dan terkesan high tech.

  • Simulasi sebuah produk
  • Pernahkah anda berfikir dimana membuat sebuah produk tapi tidak dapat membawa nya sesuka hati karena ukuran dan keadaan lapangan yang tidak sesuai. Misalkan kita berada pada pameran otomotif, dan anda ingin sekali mencoba mengendarai sebuah mobil di pameran. Kita dapat menghadirkan simulasi mengendarai sebuah mobil menggunakan tehnologi virtual reality. Dengan alat khusus dan dunia virtual yang sesuai, anda bisa mencoba merasakan seperti apa menaiki sebuah kendaraan dan nantinya anda harus lulus ujian menyetir sebelum membeli dan menggunakan sebuah mobil yang sesungguhnya. Setidaknyaa dengan alat alat VR anda dapat mengira atau membayangkan apa yang anda ingiinkan.

  • Produk kosmetik
  • Suka mencoba coba coba kosmetik untuk menyesuaikan dan memaksimalkan kecantikan anda. Yup, belum lama ini muncul aplikasi yang berguna untuk mencoba sebuah produk kosmetik secara virtual. Keren bukan, selain kita bisa mencoba kita bisa memilih milih sesuka hati sebuah kosmetik dan mencobanya sebelum kita membelinya. Dengan cara ini anda dapat memilih dan menentukan apa yang anda beli tanpa ada rasa kecewa setelahnya. Walaupun masih dalam tahap pengembangan, tehnologi ini cukup banyak menarik minat orang banyak. Karena kita dapat menggunakan pada diri kita dengan bantuan sebuah aplikasi virtual. Anda dapat menggunakan sebuah kosmetik tanpa membelinya terlebih dahulu untuk melihat kecocokannya kepada anda. Mulai dari pewarna rambut, lipstick, eyeliner, mascara dan masih banyak lainnya. Menarik bukan? Semua ini bisa jadi inspirasi untuk kalian yang ingin terjun dalam dunia virtual. Selain terkesan high tech, waktu dan masih banyak lainnya dapat kita hemat dengan adanya tehnologi virtual ini.

Kekurangan Dunia Virtual dalam kegiatan bisnis produk dan property

Tidak hanya kelebihan yang harus dibahas, tetapi kekurangn juga wajib kita bahas karena sangat berperan penting untuk memaksimalkan sebuah kelebihan dari sesuatu. Yup, banyak sekali kelebihan dari tehnologi virtual / dunia virtual tidak lepas dari kekurangannyaa. Beberapa kekurangan antara lain :

  • Tanaga Ahli Terbatas
  • Yup ini adalah bagian yang jadi titik point pembahasan dari kekurangan sebuah dunia virtual, mulai dari :

  • Tenaga Design
  • Keahlian membuat sebuah dunia virtual membutuhkan usaha dan kerja keras yang tidak sebentar, ketekunan mempelajari dan terus mencoba untuk menghasilkan apa yang diinginkan tidaklah instan. Walaupun sudah ahli, juga masih banyak harus belajar dan memperbaiki berbagai masalah dalam dunia karena banyak perubahaan dan permintaan.

  • Operator
  • Tidak banyak yang gaptek di dunia modern ini, jika tidak paham maka tidak akan mengerti cara menggunakan sebuah dunia virtual yang telah dibuat.

  • Komponen mahal
  • High tech, tehnologi terbaru juga harus di imbangi dengan console dan komponen yang mumpuni. Tehnologi terbaru pasti dihargai sangatlah mahal dengan kualitas super yang disajikan sebagai pendukung dalam menjalankan dunia virtual.

    Dengan melihat semua aspek diatas kita dapat menyimpulkan kegunaan dunia virtual. Dan apakah anda pernah menggunakan dan melihat seperti yang terlah dijelaskan seperti di atas? Sudah memiliki inspirasi atau ingin mencoba tehnologi virtual ini. Yup, semakin banyak inovasi baru dan menarik yang menanti. Banyak hal baru yang bisa kiita lakukan dengan menggunakan dunia virtual. Terima kasih atas waktu yang di luangkan, jangan lupa artikel yang akan mendatang. Masih banyak yang bisa saya ceritakan kepada kalian semua.