Kelebihan dan Kelemahan Laptop

Laptop saat ini adalah perangkat elektronik yang selalu beriringan dengan kehidupan sehari-hari. Saat ini laptop banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan, hiburan, komunikasi bahkan sampai pendidikan. Dengan berkembangnya zaman, laptop saat ini juga ikut mengalami perkembangan yang pesat juga. Namun dibalik itu semua, sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, laptop juga mmepunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri yang perlu dipikirkan sebelum melakukan proses untuk pembelian laptop.

Kelebihan Laptop

  • Portabilitas Tinggi

Kelebihan laptop yang pertama yaitu mempunyai portabilitas yang tinggi. Laptop didesain supaya mudah untuk di bawa ke mana-mana, sehingga pengguna bisa menggunakannya di mana pun mereka berada. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk para pengguna yang mempunyai banyak kegiatan yang dilakukan di luar ruangan.

  • Fungsionalitas Serba Guna

Laptop menyatukan beberapa fungsi pada satu perangkat. Selain digunakan untuk pekerjaan dan pendidikan, laptop juga dipakai untuk hiburan misalnya mendengarkan music, bermain game, berselancar di internet dan juga menonton film. Karena mempunyai kelebihan yang banyak membuat laptop menjadi investasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

  • Koneksi Internet yang Mudah

Berbagai laptop sudah dibekali dengan kapasitas agat terkoneksi ke internet melalu Kabel LAN atau Wi-Fi. Hal ini akan membuat para pengguna laptop bisa selalu terhubung dengan dunia luar, berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah dan bisa mengakses informasi terbaru.

  • Produktivitas yang Tinggi

Laptop dirancang agar penggunanya bisa bekerja dengan efisien di mana saja mereka berada. Dengan dibekali aplikasi dan software yang ada, laptop bisa menjadi fasilitas untuk menyelesaikan tugas-tugas pengelolaan proyek, pengolahan dokumen dan juga komunikasi bisnis.

  • Ruang Penyimpanan yang Luas

Walaupun laptop mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan desktop komputer atau PC, namun banyak laptop yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lumayan besar yang bisa menympan banyak jenis file dan dokumen. Berbagai jenis laptop juga dibekali dengan pilihan untuk mengupgrade kapasitas penyimpanan melalui SSD eksternal atau kartu SD

Kelemahan Laptop

  • Keterbatasan Performa

Walaupun banyak laptop yang mempunyai performa yang sangat bagus, namun biasanya tidak sekuat dengan menggunakan desktop komputer. Apalagi pada laptop yang mempunyai harga terjangkau dan mempunyai prosesor dan kartu grafis yang di bawah daripada desktop.

  • Umur Pakai yang Lebih Pendek

Laptop biasanya mempunyai masa pakai yang lebih singkat daripada desktop. Penyebabnya seperti panas yang dihasilkan dari komponen dalam dan kapasitas baterai yang berkurang dengan berjalannya waktu bisa mempengaruhi umur pakai laptop.

  • Ergonomi yang Kurang Baik

Touchpad dan Keyboard laptop biasanya mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandungkan mouse dan keyboard yang terpisah. Hal ini dapat menjadi alasan individu merasa kurang nyaman, apalagi untuk individu yang banyak memakai laptop untuk jangka waktu yang panjang.

  • Keterbatasan Upgrade

Ada sebagian laptop yang mempunyai komponen internal yang susah atau bahkan tak bisa untuk melakukan upgrade. Hal ini beda dengan desktop yang biasanya mempunyai ruang untuk peningkatan atau penggantian komponen seperti penyimpanan, RAM atau kartu grafis.

  • Harga yang Lebih Mahal

Untuk konteks yang sama, laptop sering kali lebih mahal dibandingkan dengan desktop yang mempunyai spek yang sama. Hal ini dikarenakan desain yang lebih kompleks dan juga teknologi portabl yang diperlukan untuk membuat laptop lebih ringan dan ringkas.

Tidak dipungkiri bahwa laptop merupakan perangkat yang sangat bermanfaat dan penting dalam kehidupan saat ini. Namun laptop juga mempunyai keterbahasan performa daripada desktop. Oleh karena itu penting sekali untuk mempertimbangkan kebutuhan dan mempertimbangkan kelebihan serta kelemahan laptop agar mendapatkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Comment