Panduan Troubleshooting Printer

Printer merupakan salah satu perangkat elektronik penting yang ada di rumah maupun di kantor. Printer banyak digunakan untuk mencetak gambar, dokumen dan banyak jenis materi lainnya. Tetapi sama halnya dengan alat elektronik lain, printer juga sensitive mengalami beberapa masalah dan terjadi error. Untuk membantu mengatasi masalah pada printer, berikut ini adalah panduan mengatasi troubleshooting printer dan solusinya.

  • Printer Tidak Mencetak

Bila printer mengalami kendala tidak bisa melakukan proses cetak sama sekali, Langkah awal yang harus dilakukan yaitu memeriksa koneksi pada printer dan komputer atau jaringan. Pastikan koneksi jaringan atau kabel USB sudah terpasangan dengan benar. Coba periksa jua apakah ada lampu indokator yang menyala atau pesan error yang ada pada printer. Bila tidak ada masalah pada koneksi dan juga tidak mendapatkan pesan error, coba periksa dan pastikan adakah dokumen yang menunggu untuk dicetak pada antrean print.

  • Kertas Macet

Masalah yang sering terjadi pada printer adalah kertas macet. Bila mengalami masalah ini pada printer, maka Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan printer lalu membuka tutup belakang untuk melihat jalur kertas. Untuk mengeluarkan kertas yang macet perlu hati-hati dan menariknya secara perlahan. Jangan lupa menghapus semua potongan kertas yang terlepas supaya tidak menyebabkan masalah yang lain. Bila sudah, hidupkan lagi printer dan cetak Kembali dokumen.

  • Kualitas Cetak Buruk

Bila hasil cetak printer terlihat buruk, misalnya seperti garis-garis yang tidak rata, warna yang pudar, atau teks yang kabur, bisa saja ada masalah pada cartridge toner atau tinta. Pastikan toner atau tinta masih mempunyai tingkat yang cukup. Bila masih ada masalah, coba bersihkan cartridge dengan perangkat lunak pembersih yang sudah disediakan oleh produsen. Pastikan juga memakai kertas yang sesuai dengan spesifikasi printer dan bersihkan roller printer dengan rutin agar terhindar dari kotoran yang bisa berpengaruh pada kualitas cetak.

  • Error “Tinta atau Toner Habis”

Bila printer menampilkan pesan error yang menandakan toner atau tinta akan segara habis, pastikan untuk memeriksa lagi cartridge toner atau tinta. Sering kali pesan error itu muncul walaupun masih ada tinta atau toner yang cukup. Coba goyangkan cartridge dengan lembut agar bisa menyebarkan tinta yang tersisa dengan merata. Bila pesan error masih ada, mungkin sudah waktunya untuk mengganti cartridge dengan yang baru.

  • Printer Lambat atau Tidak Responsif

Bila printer terasa lambat dan tidak ada respon saat proses mencetak, bisa saja ada beberapa penyebab penyakitnya. Yang pertama adalah pastikan driver printer sudah terinstal dengan benar dan sudah diperbarui ke versi yang terbaru. Yang kedua pastikan tidak ada aplikasi yang memakai sumber daya computer secara berlebihan yang bisa mempengaruhi proses kinerja printer. Coba reset printer dan nyalakan Kembali printer.

  • Error “Printer Offline”

Bila printer terdeteksi offline, maka pastikan koneksi kabel USB sudah benar. Pastikan koneksi sudah terpasangan dengan baik dan taka da masalah pada router atau perangkat jaringan lainnya.

  • Error “Paper Jam”

Masalah yang sering dialami oleh pengguna printer yaitu paper jam. Bila mengalami hal ini maka Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan printer lalu buka tutup belakang untuk mengakses jalur kertas. Berhati-hatilah saat mengeluarkan kertas dan pastikan kalau tidak ada potongan kertas yang tertinggal di dalam printer. Jika sudah maka hidupkan Kembali printer lalu cetak Kembali dokumen.

Leave a Comment