Sewa atau penyewaan

Sewa atau penyewaan merupakan sebuh kegiatan dimana seseorang yang ingin dan berkeinginan meminjamkan sebuah barang kepada orang lain yang membutuhkannya. Biasanya sewa atau penyewaan barang sangat umum dikalangan masyakat saat ini. Banyak keuntungan yang dirasakan dalam kegiatan sewa menyewakan barang. Selain kita tidak memerlukan memikirkan barang itu kita juga tidak perlu melakukan perawatan berkala. Disaat melakukan penyewaan kita bisa memilih barang sesuai dengan kebutuhan lapangan kita. Dalam kegiataan sewa dan penyewaan memiliki beberapa jenis seperti penyewaan barang ( sewa barang ) dan penyewaan properti ( sewa properti ).

Dalam sewa atau penyewaan barang sendiri, dalam kehidupan sehari ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang misal seperti :

1. Sewa Mobil

Kegiatan penyewaan atau sewa mobil merupakan hal biasa dalam kehidupan sehari hari. Banyak alasan untuk menyewakan mobil, mungkin karena alasan harga yang terbilang cukup lumayan di kantong beberapa kalangan ada juga alasan karena hanya dibutuhkan sementara atau sebentar saja untuk acara tertentu saja. Kita ambil contoh sewa atau penyewaan mobil untuk acara tertertu mulai dari :
  • Kegiatan traveling;
  • Bagi para traveler sudah tidak asing dalam kegiatan sewa menyewakan. Dari pada repot repot membawa kendaraan dari rumah atau karena waktu para traveler yang terbatas. Untuk transportasi biasa disediakan orang orang lokal menyediakan dengan harga yang terjangkau.
  • Acara Pernikahan;
  • Liburan Keluarga;
  • Dan masih banyak lainnya.

Pernihakan merupakan acara sehidup sekali. Dimana dilakukannya upacara pengikatan janji yang dilaksanakan oleh dua orang  yang secara resmi mengikat keduanya secara norma agama, norma hukum dan norma social. Setiap pernikahan terutama di Indonesia sendiri sangat beragam, karena banyaknya suku bangsa, agama dan budaya.

Untuk acara yang hanya dilakukan sekali seumur hidup ini tidak mungkin kita menyediakan atau membeli peralatan untuk upacara pernikahan ini bukan. Jadi kita hanya perlu menyewakan dari para pengusaha yang menyewakan perlengkapan dan alat alat pernikahan.

2. Sewa alat alat pernikahan

3. Sewa Alat Berat

Dalam kegiatan sangat diperlukan kegiatan penyewaan untuk proyek proyek menengah hingga besar. Karena barang yang digunakan sangat mahal dan juga diperlukan operator yang ahli dalam bidangnya. Macam atau jenis yang disewakan antara lain : Dozer, Beko, Truck, Backhoe, Crane.

Sewa atau penyewaan properti merupakan kegiatan sewa dengan jangka waktu berkala banyak, kegiatan ini sangat laris karena memang untuk kebutuhan masyarakat pada umumnya. Banyak jenis properti yang dapat disewakan :

1. Sewa Ruko ( Rumah Toko )

Ruko atau bisa kita sebut rumah toko adalah penamaan sebuah rumah yang memiliki ruangan yang khusus dibuat menjadi tempat usaha maupun tempat kerja atau kantor. Biasa kita menemui ruko ruko ini di kawasan tertentu. Biasa bangunan ini memiliki lebih dari satu ruangan atau satu lantai. Dimana salah satu ruangan tersebut dijadikan tempat usaha maupun tempat kerja atau kantor bagi seseorang, dan ruangan lainnya bisa dijadikan tempat tinggal. Desain dari ruko tersebut di bilang cukup sederhana dan juga bangunan ruko sering dibangun bersama ruko lainnya, kebayakan untuk desain dan model bangunan sangatlah mirip antara satu dengan lainnya. Ruko ruko ini banyak ditemukan dikota kota besar. Karena terbatas lahan perkotaan dan kebutuhan tempat usaha atau kantor sangat banyak untuk daerah perkotaan.

Rumah bisa dikatakann sebagai sebuah bangunan yang akan dijadikan tempat tinggal seseorang dalam waktu tertentu, bisa jadi untuk sementara atau jangka panjang. Dalam kegiatan sewa dan penyewaan sebuah rumah memiliki kategori tersendiri mulai dari :
  • Sewa Rumah atau Kontrakan
  • Kegiatan sewa atau penyewaan sebuah bangunan rumah seseorang dalam jangka waktu tertentu, biasa sewa atau penyewaan rumah memiliki harga yang relative mahal karena kelengkapan ruangan sebuah rumah itu sendiri.

  • Sewa Apartement
  • Kegiatan sewa atau penyewaan ini bisa dikatakan menyerupai atau sama dengan kegiatan sewa atau penyewaan rumah. Perbedaan dari kegiatan ini adalah yang di pinjamkan adalah sebuah ruangan apartement yang dibuat menyerupai rumah dalam  ruangan terbatas. Dengan fasilitas tempat tidur, ruangan mandi, hingga ruang tamu dan keluarga dibuat dalam satu ruangan terbatas.

  • Sewa Tanah
  • Penyewaan atau sewa sebuah tanah bisa diibaratkan secara khusus pada peminjaman sebuah lahan tanah kepada orang lain dengan jarak waktu tertentu dari pemilik kepada penyewa dengan perjanjian sewa antara kedua belah pihak terkait.

2. Sewa rumah, perumahan atau kontrakan

Sewa dan penyewaan suatu barang sangatlah sering terjadi sekarang ini karena semakin terbatas ruang dan kebutuhan barang yang cepat menyebabkan dan penanganan yang handal dalam pelaksanaan kegiatannya. Untuk mengurangi resiko waktu yang dibutuhkan untuk mencari barang barang yang dibutuhkan. Belum lagi mencari tenaga yang berpengalaman dibidangnya. Jangan karena sebuah harga menjadikan sebuah acara anda menjadi kacau tidak sesuai dengan keinginan anda.

Sewa dan penyewaan barang ini sebenarnya dapat membuat pengeluaran anda lebih mudah mengaturnya dimasa yang akan mendatang karena anda tidak memerlukan pemeliharan untuk setiap item item yang digunakan untuk setiap acara. Belum lagi membayar tenaga professional untuk mengurus peralatan anda tersebut, terkadang beberapa item atau barang event hanya di pakai sekali atau hanya beberapa kali dalam satu tahun. Jika anda menyewakan atau sewa item atau barang anda hanya memerlukan melakukan sekali pembayaran untuk setiap event dan anda mendapatkan banyak penawaran seperti barang barang tertentu sebagai penunjang kegiatan anda..

Kegiatan sewa dan ini sangat pesat untuk saat ini, dikarena kebutuhan masyarakat yang semakin banyak. Para pengusaha penyewaan juga semakin banyak dan semakin beragam dan bervariasi. Banyak yang menawarkan berbagai macam penawaran untuk kinerja lapangan mereka. Perlu juga diperhatikan untuk pemilihan pelaku bisnis atau vendor ini tentang riwayat perkerjaannya, karena banyak pelaku usaha baru yang belum melatih beberapa operatornya dalam penanganan lapangan yang mengakibatkan ketidak maksimalnya suatu pekerjaan.

Saya akan membagikan sedikit pengalaman beberapa waktu saya sebagai referensi untuk anda.

Ketika suatu pagi seorang client menelpon kesebuah kantor penyewaan peralatan barang multimedia, client ini sedang dalam posisi mengadakan acara pelatihan menggunakan vendor lainnya. Berhubung vendor langganannya memiliki biaya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan vendor yang saat ini ia gunakan. Pada hari acara tersebut karena menggunakan vendor baru tiba tiba ada masalah dengan koneksi akses menuju server mereka. Akibat kejadian tersebut sang client menelpon vendor langganan lama mereka untuk meminta solusi. Setelah melakukan sedikit perbincangan maka dikirimkan operator dari vendor langganannya tersebut untuk membantu dalam acara tersebut. Bersyukur setelah operator sampai dilokasi dan melakukan trouble shooting untuk masalah yang terjadi dilapangan, acarapun dapat berjalan secara normal seperti yang diinginkan oleh si client tersebut.

Dari cerita tersebut dapat kita simpulkan untuk setiap barang vendor tidak terlalu pengaruh terhadap yang terjadi dilapangan, namun operator dari setiap vendor memiliki pengalaman dan pelatihan tersendiri dalam melakukan pekerjaannya dilapangan. Jadi pastikan memilih vendor dengan operator yang berpengalaman demi melancarkan kegiatan dan acara anda secara semestinya.

Chat Kami Sekarang
Hai apakah ada yang bisa saya bantu ?