TV dengan Sistem Operasi Android

TV sudah berevolusi menjadi pusat hiburan canggih di rumah dari sekadar alat menonton siaran TV. Sistem operasi Android adalah salah satu inovasi terbaru dalam industri TV. Sistem Android ini juga sistem yang dipakai di smartphone dan membawa banyak keunggulan yang unik saat diaplikasikan ke dalam TV. Dalam artikel ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan TV dengan sistem operasi Android.

Kelebihan TV dengan Sistem Operasi Android:

  • Akses ke Aplikasi dan Konten Online

Salah satu keunggulan dari TV yang menggunakan sistem operasi Android yaitu mudah mengakses berbagai aplikasi dan konten online. Dengan menggunakan google play store yang sudah terintegrasi, pengguna bisa menginstal banyak aplikasi seperti media sosial, streaming video, game dan banyak lagi. Hal ini bisa menyesuaikan pengalaman pengguna dalam menonton TV sesuai dengan selera pribadi masing-masing.

  • Integrasi dengan Sistem Android

TV yang dibekali dengan sistem operasi android akan terintegrasi dengan baik pada perangkat android lain seperti tablet dan smartphone. Dengan begitu pengguna bisa berbagi konten seperti video, musik dan foto dengan perangkat mereka secara mudah. Selain itu dengan mengsinkronkan akun google pengguna bisa mengakses konten pribadi dari berbagai perangkat.

  • Pembaran Software Teratur

Sama halnya dengan perangkat android lain, TV yang menggunakan sistem android juga menerima pembaruan perangkat lunak. Pembaruan perangkat lunak tersebut meliputi perbaikan bug, keamanan dan peningkatan fitur. Dengan adanya pembaruan perangkat lunak ini maka akan mendapatkan banyak fitur baru dan keamanan yang ditingkatkan, menjadikannya tetap dalam keadaan relevan dalam waktu yang lebih lama.

  • Kemampuan Pencarian Suara

Kini TV yang menggunakan sistem android dibekali fitur pencarian suara yang canggih. Hal ini bisa membuat pengguna mudah mencari konten, menjelajahi internet dengan memakai suara mereka sendiri dan menontrol TV. Hal ini bisa memudahkan pengguna saat remot hilang atau sulit dijangkau.

  • Dukungan Chromecast Built In

Selanjutnya adalah TV android dilengkapi dengan Chromecast built-in. dengan menggunakan chromecast built-in ini pengguna bisa melakukan streaming konten langsung dari perangkat seluler tanpa perlu tambahan perangkat lagi. Dengan chromecast pengguna bisa dengan mudah mendengarkan musik, melihat foto, menonton video dari perangkat seluler ke layar yang lebih besar.

Kekurangan TV dengan Sistem Operasi Android

  • Keterbatasan Kinerja

Setiap kelebihan selalu bersandingan kekurangan. Sama halnya dengan TV operasi android yang mempunyai banyak fitur canggih namun dibeberapa model juga ada yang mengalami keterbatasan kinerja. Keterbatasan RAM atau prosesor yang kurang kuat bisa mengakibatkan kinerja yang lambat. Hal ini terjadi terutama pada aplikasi yang butuh sumber daya yang besar.

  • Potensi Kerentanan Keamanan

Sama dengan perangkat elektronik lain yang terhubung ke internet, TV dengan sistem android juga rentan pada ancaman keamanan seperti virus, malware dan serangan jaringan. Karena TV tidak sama dengan hp yang dilindungi dengan perangkat lunak keamanan yang kuat.

  • Keterbatasan Dukungan Aplikasi

Walaupun google play store menyediakan banyak aplikasi, namun tidak semua aplikasi yang ada pada google play store optimal untuk penggunaan pada TV. Ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak berfungsi dengan baik.

  • Ketergantungan dengan Internet

Banyak fitur canggih yang ada pada TV dengan sistem android memerlukan koneksi internet yang baik. Dengan begitu ini bisa menganggu pengalaman menonton saat koneksi internet terputus.

  • Biaya Tambahan untuk Fitur Premium

Walaupun ada beberapa fitur yang gratis, namun ada juga fitur premium atau aplikasi yang dikenakan biaya tambahan. Seperti misalnya berlangganan layanan streaming, pembelian dalam aplikasi dan lain-lain. Hal ini bisa menambah biaya total kepemilikan TV dalam waktu yang lama.

Leave a Comment