Jenis TV LED

TV LED kini menjadi salah satu pilihan utama bagi orang-orang yang mencari TV dengan kualitas gambar yang bagus, kecerahan tinggi, dan hemat energy. Saat ini TV memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan modern ini. Dengan banyaknya jenis dan merk TV LED yang beredar di pasaran, memilih TV yang tepat dapat menjadi tugas yang cukup menantang. Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis TV LED :

  • TV LED Konvensional

Jenis TV LED ini adalah jenis TV dengan model paling standar yang ada di pasaran. TV LED konvensional ini memakai teknologi LED untuk menghasilkan gambar. Kelebihan TV ini adalah hemat energy dan mempunyai kecerahan yang baik dibandingkan dengan TV LCD konvensional. TV LED konvensional ini adalah pilihan yang tepat untuk masyarakat karena mempunyai harga yang terjangkau dan kualitas gambir yang bagus.

  • Smart TV LED

Beberapa tahun terakhir smart TV LED adalah pilihan TV LED yang paling populer. TV LED ini dilengkapi dengan konektivitas internet dan pastinya kualitas gambar yang superior. Karena dilengkapi dengan konektivitas internet maka pengguna bisa mengakses bermacam aplikasi, konten online dan layanan streaming langsung dari TV mereka. Dilengkapi dengan fitur yang baru membuat TV LED menjadi pusat hiburan yang serbaguna di rumah.

  • TV LED 4K

TV LED 4K sering disebut juga UHD atau  Ultra High Definition. TV LED 4K ini mempunyai empat kali resolusi yang lebih tinggi dari TV Full High Definnition lainnya. Karena itu TV LED 4K ini menghasilkan gambar yang lebih tajam, warna yang lebih hidup dan detail yang lebih jelas. Walaupun masih belum banyak konten 4K, tapi popularitasnya selalu mengalami peningkatan. Banyak juga konten dan layanan streaming yang sudah mulai menggunakan resolusi ini.

  • TV LED 8K

TV LED 8K adalah perkembangan dari TV LED 4K. TV ini mempunyai resolusi yang lebih tinggi lagi dari TV LED 4K. TV ini mempunyai piksel yang jumlahnya empat kali dari TV LED 4K dan enam belas kali dari TV FHD. TV LED 8K bisa menyajikan detail gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun karena harganya yang lebih mahal dibanding TV lainnya dan ketersediaan konten yang terbatas membuat TV LED 8K dianggap sebagai pilihan premium untuk pengguna.

  • TV LED Curved

TV LED curved didesai dengan layar melengkung ke arah penonton. Desain dari TV LED curved ini bertujuan untuk memberikan pengalaman menonton yang immersive. Tetapi ada beberapa orang yang mungkin tidak merasa diberikan keuntungan yang signifikan pada TV ini.

  • TV LED QLED

Dengan menggunakan teknologi Quantun Dot TV LED QLED berusaha dalam meningkatkan kualitas gambar yang jauh lebih baik. Dengan teknologi Quantun Dot bisa menghasilkan warna yang lebih jelas, kontras tinggi dan kecerahan yang lebih bagus. TV jenis ini sangat cocok bagi penggemar konten High Dynamic Range atau HDR.

  • TV LED OLED

TV LED OLED memakai bahan organic dalam menghasilkan warna dan gambar. Kelebihan dari OLED ini adalah dapat mematikan piksel secara individu, kontras yang tak tertandingi dan hitam yang lebih. Karena ini TV ini akan menampilkan gambar yang lebih tajam dan realistis. TV LED OLED ini memang harganya lebih tinggi dibandingkan dengan TV QLED dan TV LED konvensional.

Dengan banyaknya pilihan TV LED pastinya akan susah dan bingung untuk menentukan pilihan. Pentingnya pertimbangan dalam memilih TV LED agar sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Dengan memahami dengan baik tentang jenis-jenis TV LED bisa membantu dalam membuat keputusan TV LED apa yang akan dibeli untuk rumah anda.

Leave a Comment