Jenis TV Tabung

Dengan berkembangnya teknologi, TV sudah mengalami kemajuan yang luar biasa. Pasar TV terus mengalami perkembangan, mulai dari TV tabung klasik sampai dengan model terbaru yang mengusung layar datar dan resolusi tinggi. Walaupun jenis tv modern semakin mendominasi pasar, TV tabung masih mempunyai tempat tersendiri untuk para penggemar setianya. Pada zaman dulu tv tabung adalah pusat hiburan setiap rumah. Pada artikel ini mari jelajahi beberapa macam jenis tv tabung

  • CRT (Cathode Ray Tube)

Teknologi CRT atau Cathode Ray Tube digunakan untuk tv tabung yang paling klasik. Sejak awal diperkenalkannya teknologi CRT ini pada tahun 1920-an sampai awal tahun 2000an teknologi ini berhasil mendominasi pasar TV. Untuk menciptakan gambar, TV CRT ini memakai tabung electron yang memancarkan sinar electron ke layar. Walaupun keberadaannya sudah tergusur oleh teknologi yang baru, namun TV ini masih mempunyai penggemar yang kuat karena keandalan TV ini serta kualitas gambarnya mempunyai keunikan tersendiri.

  • TV Tabung Warna

Pengembangan TV berwarna adalah salah satu kemajuan besar pada TV tabung. Sebelumnya TV tabung ini hanya bisa menampilkan gambar hitam putih saja. Tetapi pada tahun 1950an terdapat penemuan teknologi tabung berwarna lalu karena penemuan tersebut maka TV menjadi lebih realistis dan menarik. TV tabung berwarna ini mempunyai tabung yang memiliki tiga senar electron yang mana masing-masing dari senar tersebut dapat menghasilkan warna merah, hijau, biru lalu menciptkan bermacam warna yang bisa ditampilkan pada layar TV.

  • TV Tabung HD atau High Definition

Walaupun banyak yang menganggap tv tabung adalah tv yang ketinggalan zaman, beberapa TV tabung HD sudah dikembangkan untuk memberikan pengalaman menonton yang jauh lebih baik dibandingg TV tabung yang sebelymnya. TV jenis ini bisa menampilkan gambar dengan resolusi yang lebih baik dibanding dengan model TV yang sebelumnya.

  • TV Tabung Widescreen

Dengan berjalannya waktu TV tabung makin mengalami perkembangan menjadi widescreen atau layar lebar. Ada beberapa produsen yang mengembangkan TV tabung menjadi rasio widescreen. Hal ini pastinya akan membuat pengguna TV semakin menikmati program TV dengan kualitas yang lebih baik lagi.

  • TV Tabung HDTV

TV tabung HDTV merupakan jenis dari TV tabung HD yang mempunyai kemampuan menampilkan gambar dengan resolusi yang tinggi. TV tabung jenis ini mempunyai kualitas gambar lebih baik dibandingkan dengan model TV tabung konvensional lainnya.

  • TV Tabung Gaming

Ada beberapa TV tabung yang dirancang untuk gaming. TV tabung gaming ini mempunyai fitur yang lebih seperti kualitas gambar yang lebih tajam dan  waktu respons yang cepat yang pastinya akan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif dibandingkan dengan layar datar modern. Bagi beberapa gamer TV tabung gaming masih menjadi pilihan karena mempunyai kualitas gambar yang khas dan menghargai estetika daripada TV gaming layar datar yang sudah banyak mendominasi pasar TV.

  • TV Tabung Retro

TV tabung retro diproduksi dengan estetika dan gaya klasik. Walaupun mungkin TV ini mempunyai fitur yang terbatas, namun tv ini menawarkan nuansa nostalgia. Beberapa jenis tv ini juga dilengkapi fitur modern seperti konektivitas HDMI.

  • TV Tabung Kecil

TV tabung kecil adalah pilihan yang pas untuk ruangan kecil seperti kamar tidur. Walaupun mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding TV tabung lainnya, TV ini mempunyai kualitas gambar yang terbaik dan pastinya harga yang lebih terjangkau.

  • TV Tabung Portabel

TV ini dirancang agar mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. TV ini dilengkapi pegangan atau tata letak ergonomis. Biasanya tv tabung ini cocok digunakan untuk bepergian seperti piknik atau kemping.

  • TV Tabung Mini

TV ini adalah versi miniature dari jenis TV tabung lainnya. Mempunyai ukuran yang kecil, namun TV ini mempunyai kualitas gambar yang baik. TV ini cocok ada di ruangan kamar tidur anak atau ruang kerja. Walaupun teknologi TV terus mengalami perkembangan, TV tabung masih mempunyai tempat tersendiri. TV tabung masih

Leave a Comment