Menggunakan Tablet Sebagai Alat Presentasi yang Efektif

Tablet sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang penting dan populer pada kehidupan saat ini. Definisi tablet sendiri adalah alat komputasi portable yang mempunyai touchscreen atau layar sentuh besar dengan berbagai fitur seperti komputer tetapi mempunyai bentuk yang lebih simple. Tablet sangat cocok untuk individu yang banyak melakukan aktivitas yang berpindah-pindah tempat dan masih memerlukan komputasi untuk pekerjaannya.

Tablet mempunyai ukuran yang lebih besar dari handphone namun lebih kecil dari laptop. Sama halnya dengan laptop dan smartphone, tablet biasanya dipakai untuk menonton video, browsing web, membaca dan melakukan banyak tugas lain. Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi sudah banyak mengubah aspek kehidupan, salah satunya cara dalam melakukan presentasi dengan menggunakan tablet sebagai alat presentasi yang efektif. Tablet tak hanya mengganti peran komputer dan laptop dalam hal kenyamanan dan mobilitas, namun juga membawa kemudahan dan fleksibilitas yang tak dipunyai oleh perangkat lainnya. Di bawah ini akan dibahas mengenai menggunakan tablet sebagai alat presentasi yang efektif yang bisa meningkatkan pengalaman dalam melakukan presentasi.

– Kemudahan Mobilitas

Salah satu keunggulan memakai tablet untuk presentasi yaitu kemudahannya. Tablet biasanya lebih ringan dan kecil dibandingkan dengan komputer dan laptop. Dengan begitu tablet menjadi lebih mudah untuk di bawa ke mana-mana. Tablet bisa di bawa dengan mudah misalnya dengan memasukkannya ke dalam tas atau saku jaket, memungkinkan tiap individu bisa melakukan presentasi di mana saja, baik itu di rumah, kantor atau bahkan di luar kantor.

– Ketersediaan Aplikasi Presentasi

Tablet menawarkan jalan ke banyak aplikasi presentasi yang bisa membantu membuat serta menyajikan materi dengan efektik dan menarik.aplikasi seperti keynote dari Apple, Microsoft PowerPoint, Google Slides dan aplikasi lainnya ada dengan versi yang sudah dimaksimalkan untuk tablet, dengan begitu setiap individu yang akan melakukan presentasi bisa membuat slide presentasi dan menambahkan media seperti video & gambar, serta mengedit presentasi dengan mudah memakai sentuhan jari.

– Interaktivitas yang Ditingkatkan

Dengan tablet interaktivitas pada presentasi bisa ditingkatkan secara signifikan. Tiap individu bisa menyelipkan komponen interaktif seperti grafik yang bisa disentuh, animasi responsive pada sentuhandan fitur penandaan langsung pada slide memakai stylus.

– Kemudahan Kolaborasi dan Berbagi

Dengan tablet menjadikan proses presentasi menjadi lebih mudah dalam melakukan kolaborasi dengan orang lain. Hanya dengan cara mengirimkan file presentasi melalui email, menyimpannya di cloud agar bisa diakses secara online, atau memakai aplikasi kolaborasi untuk bekerja secara kelompok saat presentasii real time. Dengan fitur tersebut pastinya memudahkan untuk bekerja dengan tim atau melakukan kolaborasi dengan klien menjadi lebih efisien.

– Fleksibilitas dalam Pengaturan PresentasiPemakaian tablet memberi fleksibilitas tambahan pada pengaturan presentasi. Menyusun ulang slide, menghapus atau menambahkan slide dan menyisipkan konsep tambah secara langsung dari tablet. Hal ini akan membuat individu bisa menyesuaikan presentasi dengan lebih responsive dan cepat pada kebutuhan.

– Update dan Revisi yang Mudah

Kemampuan dengan cepat merevisi atau memperbarui presentasi merupakan fitur penting dari tablet. Dengan begitu bisa langsung melakukan edit slide atau menambahkan info baru tanpa perlu Kembali ke komputer atau ke kantor. Hal ini sangat membantu bisa harus menyertakan data dan info terbaru yang relevan sebelum dan selama melakukan presentasi.

Memakai tablet untuk perangkat presentasi sudah membawa perubahan yang sangat signifikan pada cara penyajian informasi dan ide kepada audiens. Dengan kemudahan mobilitas, kemampuan interaktif yang ditingkatkan dan ketersediaan aplikasi presentasi yang luas membuat tablet membawa solusi yang lebih efektif dan fleksibel dibandingkan dengan alat presentasi tradisional lainnya.

Leave a Comment