Mengubah Tablet Menjadi Layar Kedua untuk PC

Pada zaman yang terus mengalami perkembangan ini, kebutuhan akan efisiensi dan produktivitas dalam bekerja juga semakin mengalami peningkatan. Salah satu cara meningkatkan kegiatan saat memakai komputer yaitu dengan mengubah tablet menjadi layar kedua. Ide ini menyatukan keunggulan dari kedua perangkat untuk menciptakan lingkungan kerja yang efisien dan dinamis. Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai bagaimana mengubah tablet menjadi layar kedua untuk PC.

  • Meningkatkan Ruang Kerja

Dengan memaanfaatkan tablet untuk layar kedua, hal itu bisa memperluas ruang kerja secara signifikan. Hal ini memungkinkan untuk mengaktifkan secara bersamaan lebih banyak aplikasi tanpa harus terus mengganti jendela pada layar komputer.

  • Fleksibilitas pada Organinasi Tugas

Dengan adanya layar tambahan, bisa mengatur tugas yang berbeda pada dua layar terbagi. Contohnya menjalankan aplikasi utama pada layar utama dan mengatur alata tau info tambahan pada layar tablet.

  • Portabilitas dan Akses Mudah

Tablet biasanya lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana dibandingkan dengan monitor eksternal. Hal ini bisa membuat individu mempunyai ruang kerja tambahan di mana pun berada.

  • Penyusunan Data dan Referensi

Untuk para professional seperti desainer, analisis data dan pengembang web mempunyai dua layar bisa menjadi referensi untuk menampilkan data tamban, grafik dan table secara bersamaan yang bisa meningkatkan pengambilan Keputusan dan efisiensi analisis.

Langkah-Langkah untuk Mengubah Tablet Menjadi Layar Kedua

  • Pilih aplikasi yang Sesuai

Ada beberapa aplikasi yang dibuat khusus untuk bisa mengubah tablet menjadi layar kedua. Misalnya yaitu Air Display, iDisplay dan Duet Display. Pastikan untuk memilih yang mendukung dengan sistem operasi tablet.

  • Instal Aplikasi di Tablet dan PC

Instal aplikasi yang dipilih dari toko aplikasi tablet. Lalu download software pendukung untuk PC dari situs resmi web penyedia aplikasi.

  • Hubungkan Tablet dan Komputer

Pastikan komputer dan tablet terhubung pada koneksi yang sama, baik itu melewati koneksi nirkabel seperti Wi-Fi atau Bluetooth atau bisa juga melalui kabel USB, sesuai dengan spek aplikasi yang dipilih.

  • Konfigurasi Tampilan

Bila sudah terhubung, selanjutnya bisa mengatur orientasi dan tampilan layar sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa aplikasi yang mungkin untuk mengatur letak tablet apakah horizontal atau vertical dan menyesuaikan resolusi pada layar.

  • Mulai Menggunakan Layar Kedua

Setelah semua pengaturan selesai, tablet bisa berfungsi sebagai layar tambahan untuk PC. Hal itu bisa menarik halaman aplikasi dari layar utama ke layar tablet untuk meningkatkan kenyamanan kerja dan efisiensi.

Hal yang Perlu Dipertimbangan

  • Performa dan Responsivitas

Walaupun ide ini begitu menguntungkan untuk meningkatkan kegiatan, penampilan aplikasi juga bergantung pada kualitas koneksi dan spek perangkat keras antara tablet dan PC. Pastikan untuk memilih aplikasi yang diuapde secara berkala dan stabil.

  • Biaya dan Ketersediaan

Ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan ini menyediakan pembelian satu kali atau mode berlanggaran. Pertimbangkan fitur tambahan dan biaya yang ditawarkan sebelum membuat Keputusan final.

  • Kemudahan Penggunaan

Ada beberapa aplikasi yang mempunyai pengaturan yang lebih fleksibel dan intuitif dibandingkan yang lain. Pilih yag sesuai dengan penampilan dan gaya kerja untuk memaksimalkan manfaatnya.

Mengubah tablet menjadi layar kedua untuk PC adalah solusi yang mudah dan efektif untuk meningkatkan kegiatan pada lingkungan kerja digital. Dengan memanfaatkan keunggulan dari keduanya, bisa memperluas ruang kerja, mengoptimalkan pengaturan tugas dan meningkatkan efisiensi multitasking.

Leave a Comment