Perbandingan Printer Inkjet vs Printer Laser

Pada zaman di mana mencetak gambar dan dokumen sudah menjadi bagian yang selalu beriringan dengan kehidupan manusia setiap harinya, memilih printer yang tepat adalah hal yang penting. Di antara banyaknya pilihan printer di pasaran, ada dua jenis printer yang banyak digunakan, yaitu printer laser dan printer inkjet. Walaupun dua printer itu mempunyai fungsi yang sama, yaitu mencetak. Tetapi masing-masing printer mempunyai karakter unik dan keunggulan tersendiri. Untuk memahami printer apa yang sesuai dengan kebutuhan, harus paham perbandingan antara keduanya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih rinci perbandingan antara printer Inkjet dan printer laser pada beberapa aspek.

  • Kualitas Cetak

Printer Inkjet : Printer ini populer karena mampunyai kemampuan untuk menghasilkan teks dan gambar dengan kualitas tinggi untuk cetakan berwarna. Printer inkjet memakai tinta cair yang disemprotkan ke kertas lalu menghasilkan detail halus.

Printer Laser : Printer ini unggul mencetak teks dengan warna hitam putih dengan ketepatan yang konsisten dan kecepatan yang tinggi. Printer laser tidak sebaik inkjet dalam mencetak warna. Walau begitu untuk dokumen bisnis standar dengan menggunakan printer laserpun sudah bagus.

Pemenang : tergantung dengan kebutuhan cetak. Untuk mencetak gambar berwarna dan foto maka lebih unggul printer inkjet. Sedangkan untuk mencetak teks hitam putih dan ingin cepat maka printer laser lebih unggul

  • Kecepatan Cetak

Printer Inkjet : dalam mencetak gambar berwarna dan mempunyai kualitas tinggi, printer inkjet cenderung lebih lama mencetak dibandingkan dengan printer laser. Walaupun begitu ada juga printer inkjet yang didesain untuk meningkatkan kecepatan cetak, namum umumnya ada pengorbanan kualitas.

Printer Laser : Dalam mencetak dokumen hitam putih printer laser jauh lebih cepat. Printer laser ini cocok digunakan pada lingkungan kantor yang membutuhkan printer dengan waktu cetak yang singkat.

Pemenang : Printer laser mempunya kelebihan dalam kecepatan mencetak terutama untuk teks yang berwarna hitam putih.

  • Cara Kerja

Printer Inkjet : Printer ini memakai tinta yang disemprot ke kertas lewat nozzle kecil. Saat tinta bersentuhan dengan kertas hal itu akan diserap media dan menghasilkan teks atau gambar.

Printer Laser : Printer ini memakai teknologi toner bubuk yang ditaruhpada kertas lewat proses elektrostatik. Lalu toner dieratkan pada kertas dengan panas yang berasal dari unit penggulung.

Pemenang : sebenarnya kedua printer bekerja dengan cara yang jauh berbeda. Printer inkjet memakai tinta cair sedangkan printer laser memakai toner bubuk. Hal ini berpengaruh tidak hanya pada cara bekerja printer, namun juga mempengaruhi biaya operasional dan hasil cetak.

  • Biaya Operasional

Printer Inkjet : walaupun harga printer ini lebih terjangkau, namun biaya tinta printer inkjet lumayan menguras kantong. Apalagi bila mencetak dalam volume tinggi atau memakai tinta yang berasal dari produsen printer.

Printer Laser : Printer ini cenderung lebih malah dari printer inkjet, namun untuk biaya operasional lebih rendah. Toner printer laser ini mempunyai daya tahan lebih lama dan efisien untuk digunakan.

Pemenang : Untuk jangan waktu yang panjang, printer laser bisa lebih hemat biaya karena mempunyai efisiensi toner yang lebih baik. Tetapi biaya pembelian printer saat pertama kali mungkin akan menjadi hambatan untuk membeli printer ini.

  • Fleksibilitas Media

Printer Inkjet : Printer inkjet biasanya lebih fleksibel dalam mencetak banyak jenis media cetak, seperti kertas berat dan kertas foto. Printer ini cocok untuk beberapa keperluan cetak seperti foto pribadi hingga dokumen bisnis.

Printer Laser : Printer ini juga bisa menangani banyak jenis kertas printer, namun ada beberapa mungkin kurang fleksibel dibandingkan inkjet dalam menangani beberapa media cetak tertentu.

Pemenang : bila membutuhkan printer dengan fungsi mencetak berbagai jenis media cerak seperti kertas berat dan kertas foto, printer inkjet adalah pilihan yang tepat untuk perihal tersebut.

Leave a Comment