Sejarah Tablet

Tablet merupakan alat komputasi portable yang sudah menjadi elemen integral dari kehidupan modern saat ini. Dibekali dengan teknologi touchscreen yang responsive dan juga mempunyai kemampuan untuk menjalankan banyak aplikasi, tablet memberikan fleksibilitas dan kenyamanan untuk penggunanya. Tetapi untuk mengerti bagaimana tablet bisa menjadi seperti saat ini, kita harus melihat lagi sejarah tablet yang panjang dan evolusinya dari masa ke masa.

Tablet muncul tidak begitu saja dalam waktu satu malam. Sejarah tablet dimula dengan konsep dan ide-ide awal mengenai komputasi portable jauh sebelum teknologi yang saat ini muncul. Pada tahun 1960an ada banyak eksperimen dengan komputer portable dan konsep yang mirip dengan tablet yang saat ini populer. Tetapi teknologi pada saat itu belum bisa memungkinkan untuk menciptakan perangkat yang sefleksibel dan sekecil tablet modern.

Sekitar tahun 1980an sampai 1990an ada beberapa perangkat yang bisa dianggap sebagai cikal bakal dari tablet yang ada saat ini. Misalnya seperti GRiDPad yang dipublikasikan oleh GRiD Systems pada tahun 1989. GRiDPad memakai teknologi touchscreen dan bisa dipakai untuk menulis dan menggambar memakai pen stylus. Walaupun ukuran lebih besar dan lebih mirip dengan komputer portable pada saat itu, GRiDPad memberi dasar untuk pengembang teknologi touchscreen yang lebih modern. Pada tahun 1990an banyak perusahaan seperti Apple dan Microsoft juga mulai mengembangkap ide komputasi portable dengan memakai touchscreen. Contohnya yaitu Microsoft Tablet PC yang mulai dipublikasika pada tahun 2001 dan banyak model Newton dari Apple pada 1990an. Tetapi masalah harga yang tinggi dan teknologi membuat proses penerimaan pasar pada alat ini terbatas.

2010 merupkan Titik balik sejarah tablet modern saat Apple mempublikasikan iPad. iPad merupakan alat yang menyatukan touchscreen besar dengan antarmuka yang ramah pengguna, menjadikan iPad sangat terkenal di kalangan pembeli atau konsumen. Mempunyai sistem operasi iOs yang dibuat khusus untuk tablet, iPad sudah memberi akses untuk banyak pengembang aplikasi agar menciptakan pengalaman baru yang sudah dimaksimalkan untuk touchscreen. Selain iPad, perkembangan Android juga mempunyai peranan besar pada perjalanan tablet. Google Android sudah memaksimalkan sistem operasi untuk perangkat tablet dan banyak produsen hardware kini mulai memasarkan tablet yang mempunyai basic android. Hal ini membuat pengingkatan pada ukuran layar, variasi desain dan spesifikasi teknis yang ada untuk konsumen.

Pada beberapa tahun belakangan ini, tablet sudah melewati banyak peningkatan dan inovasi. Layar resolusi tinggi, kemampuan pemrosesan yang lebih kuat serta pen stylus sudah menjadi dasar pada banyak model tablet. Selain itu juga pengguna tablet tak lagi terbatas pada konsumen biasa banyak juga dari banyak sektor industry seperti kesehatan, perusahaan dan pendidikan. Kelebihan utama tablet yaitu kemudahan dan poeratabilitas yang tinggi. Mempunyai bentuk desain yang ramping dan tidak berat, tablet sangat ideal digunakan di mana pun, baik itu untuk bermain, belajar dan bekerja. Tablet juga memberikan jalan mudah ke banyak aplikasi yang bisa memperluas fungsinya dari sekedar menjadi alat produktivitas yang kuat.

Walaupun tablet sudah menjadi sangat terkenal di kalangan professional dan konsumen, tablet juga menghadapi banyak tantangan. Salah satunya itu persaingan ketat dengan perangka lain seperti handphone yang kian canggih dan laptop hibrida. Tetapi dengan perubahan yang terus menerus terjadi pada desai hardware dan pengembangan aplikasi, tablet juga terus mengalami perubahan agar memenuhi kebutuhan penggunaan modern. Masa depan tablet tampaknya akan cerah dengan adanya integrasi dengan teknologi bsru seperti AI, Konektivitas 5G dan pengembangan desain layar yang lebih fleksibel. Hal ini akan membuat tablet memeri pengalaman yang intraktif dan mengesankan untuk penggunanya.

Leave a Comment