Siapa Penemu Tablet

Tablet merupakan salah satu pembaruan teknologi yang sudah mengubah cara berinteraksi dengan informasi dan komputer pada era digital modern ini. Tetapi siapa saja sebeneranya yang menemukan tablet dapat menjadi perdebatan, karena perubahannya banyak melibatkan campur tangan berbagai individu dan perusahaan pada beberapa tahun belakangan ini. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai sejarah perkembangan tablet dan beberapa tokoh yang mempunyai peran penting pada penciptaan dan popularisasi perangkat ini.

Konsep Awal dan Pengembangan Pertama

  • Alan Kay dan Dynabook

Pada tahun 1968 Alan Kay membuat salah satu konsep awal yang suka dikaitkan dengan tablet modern yaitu Dynabook. Dynabook merupakan konsep mengenai komputer portable dengan teknologi touchscreen yang bisa dipakai untuk belajar dan melakukan interaksi dengan informasi secara langsung. Walaupun Dynabook tak pernah menjadi kenyataan pada masa itu, ide ini telah menjadi landasan penting untuk pengembangan teknologi komputasi portable.

  • GRidPad dan Stylator

Pada sekitar tahun 1980an GRiDPad yang dikembangkan oleh GRiD Systems telah menjadi contoh pertama dari perangkat yang mirip dengan tablet modern. Walaupun memang lebih mirip dengan komputer tablet touchscreen, GRiDPad membuka akses untuk teknologi touchscreen yang lebih maju pada masa depan.

Perkembangan Menuju Tablet Modern

  • Microsoft Tablet PC

Pada sekitar awal tahun 2000an, Microsoft mempublikasikan ide tablet PC di mana komputer portable dengan touchscreen dan stylus. Walaupunn tidak sepenuhnya bisa menggantikan laptop, tablet PC memberi alternatif yang menarik bagi pengguna yang membutuhkan portabilitas dan kemampuan input yang lebih intuitif.

  • Apple iPad

Perubahan paling besar pada sejarah tablet terjadi pada tahun 2010 saat Apple memperkenalkan iPad pertama mereka. Pendiri  Apple, Steve Jobs memimpin inisiatif untuk memperkenalkan perangkat yang menyatukan kemampuan handphone dengan layar yang lebih besar, cocok untuk banyak aplikasi dari produktivitas sampai hiburan. iPad tak hanya mempopulerkan tablet pada konseumen namun juga membuka jalan untuk banyak pedagang tablet lain untuk memasuki pasar ini.

Tokoh Utama di Balik Evolusi Tablet

  • Steve Jobs

Steve Jobs merupakan sosok penting pada mempopulerkan tablet modern lewat memperkenalkan iPad. Visi Steve Jobs adalah menciptakan perangkat sederhana, kuat dan intuitif sudah mengubah cara pandang dan memakai teknologi pada kehidupan sehari-hari.

  • Alan Kay

Alan Kay mempunyai andil pada konsep Dynabook yang mempunyai peran penting pada sejarah tablet. Walaupun Dynabook tak pernah benar-benar terwujud, konsep-konsep mengenai komputasi personal yang portable dan interaktif sudah memberi gagasan untuk para pengembang teknologi.

  • Bill Gates

Bill Gates adalah pendiri Microsoft yang mempunyai peran pada pengembangan tablet PC, walaupun tidak mencapai kesuksesan seperti iPad dalam hal kepopuleran massal, membuka akses untuk pengembang teknologi touchscreen dan pemakaian stylus pada komputasi portable.

Tantangan dan Masa Depan Tablet

  • Walaupun kepopulerannya dalam menghadapi persaingan semakin sulit dari perangkat lain seperti handphone dan laptop yang semakin canggih, namun hal ini terus menjadi motivasi produsen agar selalu mempunyai inovasi baru dalam fitur, desain dan kinerja untuk tetap relevan di pasaran.
  • Masa depan tablet tampaknya akan cerah dengan kemungkinan integrasi teknologi baru seperti AI, desain layar fleksibel dan jaringan 5G. Ini akan menjadi peluang baru bagi pengguna yang lebih personal dan interaktif

Tablet merupakan produk perkembangan teknologi yang mengaitkan campur tangan banyak orang dan perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Dengan terus berkembangnya teknologi secara pesat, bisa mengantisipasi kalau tablet akan selalu menjadi bagian integral untuk kehidupan digital di masa yang akan datang.

Leave a Comment