Sejarah Televisi (TV) dan Jenis - Jenisnya

Televisi merupakan sebuah media telekomunikasi yang menerima siaran yang berupa gambar dengan suara, baik yang bersifat monokrom atau hitam putih ataupun berwarna. Dengan begitu kita dapat menyimpulkan penciptaan tv ini merupakan sebuah media visual jarak jauh yang berguna sebagai alat komunikasi.

Penemuan televisi merupakan sebuah penemuan yang masuk dalam kategori penemuan yang merubah peradaban dunia. Karena memiliki pengaruh besar terhadap banyak orang.

telelvisi ini pertama kali di perjualkan secara komersial sejak tahun 1920 dan sejak saat itu sebuah TV merupakan barang yang biasa terdapat pada perumahan, perkantoran bahan institusi. Televisi ini berfungsi sebagai media hiburan dan pemberi informasi ( berita ) kepada kita, beberapa juga memanfaatkan tv sebagai media iklan.

Siaran tv biasa disebarkan melalui gelombang radio VHF dan UHF dalam jalur frekuensi tertentu yang telah ditetapkan berkisar antara 54 – 890 Mhz. Dengan perkembangan zaman terjadi perubahan pemancaran siaran tv menjadi signal gelombang analog setelah memasuki tahun 2000 an. Dan dengan teknologi terbaru saat ini siaran sudah beralih menjadi teknologi penyiaran digital dengan gambar yang lebih baik dari sebelumnya untuk berbagai macam aspek kualitas siaran.

Macam dan jenis TV :

Televisi Tabung

Pada awalnya televisi berbentung sebuah tabung dengan menerima signal analog dari pemancar sinyal kita dapat menonton berita, media hiburan, dan mendengarkan music. TV ini juga ada yang berwarna dan tidak atau hitam putih. Kekurangan dari tv ini adalah memakan
banyak tempat dan juga berat

Televisi Plasma

Satu tingkat di atas tv tabung tv plasma sedikit lebih kecil dari ukuran tv tabung namun kualiatas gambar yang dihasilkan akan menurun sesuai dengan umur dari TV tersebut.

Televisi LCD

Naik lagi satu tingkat dengan ini kita mendapatkan telelvisi yang lebih kecil dan ringkas dari sebelumnya dengan kualiatas gambar yang lebih baik tentunya.

Televisi LED

Berkembangnya jaman tidak mengabaikan perkembangan TV. Setelah awal penerapan tv LCD kini kita beralih ketingkat berikutnya yaitu tv LED dengan kualiatas gambar yang jauh lebih baik dari pada LCD dan juga resolusi gambar lebih tinggi yang menghasilkan ketajaman dan kedetailan gambar lebih baik.

Televisi OLED

Televisi ini merupakan penemuan terbaru saat ini, dengan ukuran yang bervariasi dan juga tingkat resolusi gambar yang dapat ditampilkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tv LED yang sudah pasti kita dapat menikmati gambar yang jauh lebih baik untuk memanjakan mata kita saat menonton acara televisi.

Berbagai macam manfaat dari sebuah televisi tentu saja pada dasarnya kita dapat menggunakan tv untuk berbagai macam kegunaan yang bervariasi. Contoh luas penggunaan tv antara lain seperti media hiburan, pemberi informasi dan juga media iklan.

Dengan spesifikasi keguanaan tersebut kita bisa membahas lebih jauh pemanfaatan sebauah tv di rumah seperti berikut ini :

    • Media Hiburan Televisi dari awal pembuatan hingga sekarang ini tidak luput dari penggunaannya untuk media hiburan bagi pemilik tv itu. Televisi yang bergfungsi sebagai media untuk menampilkan gambar yang dapat digunakan berberbagai macam media lainnya. Beberapa contoh seperti :

        o Menonton tayangan hiburan langsung melalui channel tertentu yang menyediakan siaran hiburan seperti stand up comedy, film drama maupun koemdi komedi lawak.
        o Bermain video game, tv yang berguna memproses dan menampilkan gambar hasil proyeksi dari sebuah console game.
        o Hiburan film dvd, sama seperti bermain video game tv akan menampilkan hasil gambar proyeksi dari pemutar dvd kaset yang kita gunakan.


    • Pemberi informasi
    Banyak nya channel yang tersedia di saluran tv pasti akan ada siaran berita. Dari situ kita akan mendapatkan berbagai macam informasi tentang keadaan di sekitar kita secara langsung secara tepat dan akurat. Kita tidak perlu lagi pergi ke tempat jauh untuk memastikan sebuah kejadian. Kita hanya perlu melihat tv dan melihat channel tentang beriita dan kita akan mendapatkan informasi tentang kejadian disekitar kita.

    • Iklan / Ads Sebuah iklan ini merupakan sesuatu simbiolis mutualisme terhadap media penyiaran. Kita dapat melihat sebuah siaran berita dan hiburan secara gratis karena para pengiklan ini yang membiaya jasa produksi untuk sebuah film dan biaya reporter mencari berita kesana kemari. Bagi para pengiklan juga memiliki keuntugan yaitu produk mereka di kenal oleh orang banyak. Jadi kedua belah pihak sama sama di untungkan dan bagi kita yang menonton kita dapat melihat sebuah acara secara gratis. Terlepas dari penggunaan tv di rumah, ada beberapa orang juga memanfaatkan tv untuk sebagai media sponsor atau iklan untuk kegiatan promosi sebuah instansi. Instansi memanfaatkan dengan baik sebuah tv bisa sebagai media iklan, membantu pekerjaan hingga hiburan.

    Instansi sering sekali menggunakan televisi untuk kegiatan kegiatan mereka :

    • Promosi pada suatu event Instansi tertentu terkadang ikut sebuah event dan menggunakan televisi dengan berbagai macam seperti penjelasan produk produk mereka yang di tampikan melalui video singkat menggunakan televisi yang sengaja di pajang untuk dapat mudah dilihat oleh pengunjung.

    Beberapa juga menggunakan perlatan khusus yang menggunakan televisi sebagai bahan utama untuk mempilkan sebuah aplikas yang mereka buat.

    Ada kasus lain menggunakan televisi digunakan sebagai media hiburan khusus untuk menarik minat para pengunjung untuk mengunjungi booth mereka.
    • Membantu pekerjaan instansi

    Tidak jarang kita lihat sebuah televisi pasti ada yang disebuah instansi bank.

      o Biasanya televisi tersebut berguna sebagai media informasi dari pergerakan kurs mata uang dunia
      o Media berita untuk menghilangkan kebosanan pada saat menunggu berita
      o Dan yang pasti adalah sebagai alat bantu menampilkan progress penggilan penggunjung agar mempermudah panggilan

Televisi memiliki berbagai macam harga sesuai dengan model dan ukuran, jika kita ingin menggunakan model terbaru sudah pasti harganya lebih mahal dari pada model lama. Untuk ukuran tv yang sering kita temui hadir dengan ukuran layar 14” inchi, 17” inchi, 19” inchi, 21” inchi, 32” inchi, 43” inchi, 50” inchi, 60” inchi dan masih banyak lagi.

Sedikit kata penutup saya di artikel ini adalah menyampaikan kepada orang tua yang wajib mengawasi anaknya terhadap pengguanaan televisi yang berlebihan karena menyebabkan banyaknya efek samping seperti :

    • Perilaku anak bisa mencontoh apa yang dia lihat, jadi anda harus memperhatikan tayangan yang baik untuk menjaga tumbuh kembang anak sejak dini

    • Kecanduan akan TV merupakan hal yang tidak baik
    Tidak sedikit anak kecil yang menikmati hiburan secara berlebihan menjadi malas, hanya senang melihat acara hiburan hiburan yang dihadirkan TV. Maka peran kita harus membagi waktu dimana kita harus melakukan berbagai kegiatan lain selain menonton televisi kepada anak.

Catatan ini juga berlaku bagi orang dewasa agar tidak terlalu berlebihan menikmati acara televisi. Gunakan televisi secara bijaksana.

Chat Kami Sekarang
Hai apakah ada yang bisa saya bantu ?